Senin, 04 Desember 2017

Published 16.04 by with 0 comment

Pengertian Morfem Bahasa Inggris

Pengertian Morfem Bahasa Inggris


morfem bahasa inggris, morfem dalam bahasa inggris, contoh morfem bahasa inggris, contoh morfem dalam bahasa inggris, pengertian morfem dalam bahasa inggris, morfem terikat dalam bahasa inggris, morfem bebas dalam bahasa inggris

Kategori Morfem Bahasa Inggris

Morfem Bahasa Inggris dibagi ke dalam dua kategori dasar: kata-kata yang berdiri bebas dan morfem yang menempel pada kata lain. Morfem bebas adalah morfem yang dapat berdiri sendiri sebagai kata tunggal, misalnya open, tour, tree, teach, think, and, dan sebagainya. Kita ambil contoh kata main terdiri atas satu morfem bebas dan mainly terdiri dari dua morfem--satu morfem bebas (main) dan satu terikat (-ly), sedangkan dishonesty terdiri dari tiga morfem—satu morfem bebas (honest) dan dua morfem terikat (dis- dan –ty).

Morfem bebas adalah morfem yang dapat berdiri sendiri sebagai kata tunggal, misalnya happy, study, book, forest, great, but dan sebagainya. Morfem bebas dibagi lagi ke dalam dua macam: morfem yang memiliki isi leksikal dan morfem yang lebih gramatikal dalam fungsinya. Morfem bebas dengan isi leksikal mewakili klasifikasi kata yang utama (major): nomina, verba, adjektiva, dan adverbia. Morfem bebas ini disebut juga morfem leksikal, misalnya boy, man, house, tiger, sand, sincere. Morfem bebas yang berfungsi secara gramatikal termasuk kategori kata yang minor: artikel, preposisi, dan konjungsi. Morfem bebas ini disebut juga morfem fungsional, misalnya and, the, when, because, on, near, in, but, nor. Dua macam morfem bebas ini akan dibahas secara rinci di bagian tersendiri.

Morfem terikat adalah morfem yang secara normal tidak dapat berdiri sendiri, tetapi secara khusus ditempelkan ke bentuk yang lain. Contohnya, re-, -ist, -ed, -s, -ly dalam kata seperti return, typist, wanted, books, dan manly adalah morfem tak bebas. Morfem tak bebas tertentu dikenal sebagai imbuhan. Imbuhan termasuk awalan dan akhiran. Seperangkat imbuhan yang termasuk ke dalam kategori terikat ini dibagi lagi ke dalam dua macam imbuhan: derivasional dan infleksional.

Morfem Derivasional Bahasa Inggris

Ketika sebuah morfem ditambahkan ke sebuah kata berakibat baik dalam klasifikasi kata yang berbeda atau pun klasifikasi kata yang sama dengan makna leksikal yang berbeda, morfem ini disebut morfem derivasional, atau morfem yang menghasilkan kata jadian (turunan). Dalam Bahasa Inggris, morfem derivasional merupakan salah satu, awalan atau akhiran. Imbuhan derivasional dapat berupa awalan, misalnya unclear (“not clear”) dan akhiran, misalnya agree -> agreement (verba -> nomina).

Morfem Infleksional Bahasa Inggris

Morfem yang lain tidak mengubah makna atau klasifikasi kata, tetapi hanya menyaring dan memberi informasi gramatikal ekstra tentang makna kata yang sudah ada. Misalnya, penambahan –ing ke verba watch dalam I am watching television. Watch tetap sebuah verba setelah –ing diimbuhkan, tetapi akhiran tersebut menambah makna gramatikal, yaitu bahwa tindakan tersebut menjadi bentuk sedang. Contoh yang lain, misalnya cat dan cats keduanya nomina dan memiliki makna yang sama (menunjuk sesuatu yang sama), tetapi cats dengan morfem penanda jamak –s mengandung informasi tambahan bahwa ada lebih dari satu dari sesuatu ini (cat). Yang perlu diingat di sini bahwa morfem infleksional semuanya berbentuk akhiran.

Ada delapan imbuhan infleksional dalam Bahasa Inggris:

Verba:
-    present participle -> watching
-    present tense – orang ketiga tunggal -> walks
-    past tense -> jumped
-    past participle -> eaten

Nomina:
-    possessive -> Jonh’s
-    plural -> books

Adjektiva dan adverbia:
-    comparative -> clearer, faster
-    superlative -> clearest, fastest

Untuk imbuhan infleksional ada perkecualian. Hanya imbuhan infleksional yang tidak berupa akhiran melibatkan bentuk-bentuk yang tidak beraturan. Dalam konsep imbuhan infleksional dalam Bahasa Inggris modern hal ini dapat dirumuskan dengan apik: “The only inflectional affixes that are not suffixes, involve the irregular forms.”

-    perubahan bunyi internal:     mouse -> mice (plural)
                                                   goose -> geese (plural)
                                                   ring -> rang (past tense) -> rung (past participle)
-    tiada perubahan:    one deer -> several deer (zero plural)
                                    hit -> hit -> hit (zero past tense dan past participle)
-    bentuk lentur:        go -> went; be -> was (past tense)
                                    good -> better (comparative) -> best (superlative)
                                    bad -> worse (comparative) -> worst (superlative)

Silakan download GRATIS sampel E-Book yang terkait dengan tulisan ini. Juga video disertakan untuk melengkapi tulisan ini. Selamat menonton!


Salam,
KosakataBahasaInggris.com

      edit

0 Comments:

Posting Komentar