Selasa, 21 April 2015

Published 21.20 by with 1 comment

Belajar Bahasa Inggris: Frasa, Klausa, dan Kalimat

Belajar Bahasa Inggris: Frasa, Klausa, dan Kalimat





belajar bahasa inggris, cara belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris online, tips belajar bahasa inggris, grammar bahasa inggris, belajar bahasa inggris online gratis, artikel bahasa inggris


Bahasa dapat dideskripsikan dalam tiga tataran hirarki, yaitu hirarki referensi, hirarki fonologi, dan hirarki gramatika. Tataran hirarki gramatika suatu bahasa dari yang paling tinggi sampai dengan yang paling rendah adalah sebagai berikut:

  1. percakapan (conversation),
  2. dialog minimum (exchange),
  3. monolog,
  4. paragraph atau gugus kalimat (sentence cluster),
  5. kalimat,
  6. klausa (clause),
  7. frasa (phrase),
  8. kata,
  9. gugus morfem (morpheme cluster), dan
  10. morfem

Belajar Bahasa Inggris kali ini mengulas tataran hirarki gramatika dari nomor 5 hingga 7, yakni kalimat, klausa, dan frasa.

Supaya menjadi pengguna bahasa yang terampil, pembelajar Bahasa Inggris harus menjadi cakap menggunakan bagian-bagian kecil bahasa. Dan bagian kecil bahasa bukan, sebagaimana pernah secara umum duga, kata, tetapi kalimat.

Konstruksi kalimat secara garis besarnya tersusun dari frasa dan klausa. Frasa sendiri terdiri dari beberapa macam dan klausa pada intinya terdiri atas klausa dependen dan independen. Belajar Bahasa Inggris berikut mengulas tentang frasa.
belajar bahasa inggris tentang frasa, belajar bahasa inggris tentang klausa, belajar bahasa inggris tentang kalimat, kalimat klausa dan frasa jadi bahasan belajar bahasa inggris

Frasa
Apa itu frasa atau phrase (English)? Banyak definisi frasa yang diutarakan oleh para ahli dan berikut beberapa dari pendapat mereka. Pembelajar Bahasa Inggris dapat menyimak ulasan belajar Bahasa Inggris berikut.

Frasa menurut Azar dan Hagen (2009): bahwa “A phrase is a group of related words that does not contain a subject and a verb.” Arti frasa menurut ahli yang lain. Barnhart and Barnhart (1982) in the world book dictionary explain that “a phrase is a group of words not containing a subject and a verb and used as a single word with a sentence.” Pengertian frasa menurut Glenn Leggett (1985) bahwa “A phrase is a group of related words that has no subject or predicate and is used as a single part of speech.” Dari ketiga pendapat di atas dapat disarikan bahwa frasa adalah sekelompok kata yang tidak memiliki subyek dan/atau kata kerja (predikat) yang digunakan sebagai kata tunggal dengan sebuah kalimat.

Dan sesuai dengan Ruggiero (1981), frasa adalah sekelompok kata yang membentuk bagian yang berbeda dari kalimat, tetapi tidak mengandung subyek atau predikat. Frasa berfungsi sebagai sebuah kelas kata (nomina, adjektiva, dan sebagainya). Pembelajar Bahasa Inggris, ada lima jenis frasa.

Frasa Preposisi
Frasa preposisi tersusun dari preposisi, obyeknya, dan kata apa saja yang menerangkan obyek itu. Frasa preposisi biasanya bertindak sebagai adjektiva atau adverbia.
            He let the cow to the barn.
            [to the barn bertindak sebagai adjektiva menerangkan nomina cow]
            I will place the napkin among my most cherished souvenirs.
            [among my most cherished souvenirs bertindak sebagai adverbia menerangkan verba place]

Frasa Gerund
Frasa gerund tersusun dari gerund dan obyeknya dan/atau modifier. Frasa gerund bertindak sebagai nomina.
Subject of verb                                    Her cleaning the house every day is not necessary.
Object of verb                         Her husband appreciates her cleaning the house every day.
Object of preposition:
 In prepositional object                        Her husband insists on her cleaning the house every day.
 In adverbial phrase                 By cleaning the house every day she is pleasing her husband.
Subjective complement                        What her husband insists on is her cleaning the house every day.
Appositive                               Her husband insists on one thing--her cleaning the house every day.

Frasa Infinitif
Frasa infinitif tersusun atas infinitif dan obyeknya dan/atau modifier. Frasa infinitif bertindak sebagai adjektiva, adverbia, atau nomina.
            To cheat or not to cheat—that is the challenge. [sebagai pelengkap menerangkan challenge]
            To try your best is to succeed. [keduanya digunakan sebagai nomina]
            Jake was anxious to meet his blind date. [sebagai adverbia menerangkan anxious]

Frasa absolute
Frasa absolute terdiri atas nomina, partisipel, dan modifier-nya. Frasa ini berbeda dari frasa-frasa yang lain dalam hal ia tak terkait dengan sisa dari kalimat yang ia terangkan, tetapi secara gramatika bebas.
            We’ll have the biggest dorm party in history, the dorm director willing.
            The supermarket crowded with shoppers, I was unable to save any time.

Frasa Partisipial
Frasa partisipial tersusun atas present atau past participle dan obyeknya dan/atau modifier. Frasa partisipial bertindak sebagai adjektiva.
Participial phrase                     Not knowing anyone in town, he felt very lonesome.
Gerund phrase                         Their leaving the children alone at night is very dangerous.
Infinitive phrase                      For them to leave the children along at night is very dangerous.

Pembelajar Bahasa Inggris, berikutnya kita membahas tentang klausa. Apa itu klausa? Ikuti ulasannya.

belajar bahasa inggris tentang kalimat klausa dan frasa, belajar bahasa inggris perihal kalimat klausa dan frasa, belajar bahasa inggris seputar kalimat klausa dan frasa

Klausa
Klausa menurut Azar dan Hagen (2009) bahwa “A clause is a group of related words that contains a subject and a verb.” Sedangkan Butler (1978) menerangkan bahwa “A clause is a group of words that contains a subject and a predicate but that may or may not express a complete thought.” Klausa menurut Glenn lebih singkat lagi pengertiannya: “A clause is a group of words containing a subject and a predicate” (Glenn Leggett, 1985). Jadi dari ketiga pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa klausa adalah sekelompok kata yang berisikan subyek dan kata kerja (predikat).

Dan definisi menurut Ruggiero (1981): klausa adalah sekelompok kata yang mengandung subyek dan predikat. Klausa mungkin independen dari bagian kalimat yang lain (karenanya mempu berdiri sendiri sebagai kalimat yang terpisah) atau dependen atas klausa yang lain. Contohnya, dalam kalimat “If it snows this weekend, I’m going skiing,” lima kata pertama membentuk satu klausa, tiga kata terakhir membentuk yang lain. Tetapi hanya klausa yang kedua adalah independen; yang pertama dibuat dependen dengan kata if. (“If it snows this weekend” adalah pikiran yang tidak lengkap.) Klausa dependen diklasifikasikan oleh fungsi, yakni oleh kelas kata. Maka dari itu, ada klausa nomina, klausa adjektiva, dan klausa adverbia.

Kluasa nomina diperkenalkan oleh kata seperti that, what, why, whether, who, which, dan how. Contohnya, “Whether I go to the party or stay at home makes no difference to me.” (Klausa yang dicetak miring adalah subyek dari verba makes.) Dan “All I ask is that you listen to my ideas on the subject.” (Klausa yang dicetak miring adalah nomina predikat.) 

Klausa adjektiva diperkenalkan oleh kata seperti who, whom, whose, which, dan that. Contoh, “The boy who sits next to me in class is my roommate’s cousin.” (Klausa yang dicetak miring menerangkan nomina boy.) 

Klausa adverbia diperkenalkan oleh kata yang menunjukkan waktu (when), tempat (where), sebab (because), maksud (so that), keadaan (unless), konsensi (although), cara (as if), dan perbandingan (than). Contoh, “You may wash the car whenever you wish.” Dan “Because inflation had made it impossible for me to save any money, I’ll have to give up my Bermuda vacation this year.” Dan “He sacrificed so that his children could have a better life than he had.”

Perhatikan bahwa beberapa kata yang memperkenalkan klausa dependen adalah sama untuk jenis klausa yang berbeda. Tak usah membingungkan Anda. Ini adalah fungsi klausa yang menentukan jenisnya, dan bukan kata yang memperkenalkannya.

Selanjutnya, pembelajar Bahasa Inggris kita membahas kalimat dalam Bahasa Inggris. Apa yang dimaksud dengan kalimat? Berikut ini pembahasannya.

belajar bahasa inggris membahas kalimat klausa dan frasa, belajar bahasa inggris mengulas kalimat klausa dan frasa, belajar bahasa inggris mengupas kalimat klausa dan frasa

Kalimat, secara gramatika sekelompok kata yang bebas—karenanya sekelompok kata yang secara struktural lengkap. Kalimat mungkin mengungkapkan pernyataan atau seruan, bertanya suatu pertanyaan, atau mengungkapkan perintah. Ada empat tipe dasar struktur kalimat dalam Bahasa Inggris.

Simpel/Sederhana
 Kalimat simpel mengandung klausa independen tunggal
            The cat is asleep.
What a beautiful girl! [Meski seruan tersebut tak memiliki predikat yang terungkap, maknanya jelas menyiratkan itu—ini adalah cara dramatik berujar. “That girl is beautiful.”] 
            Are your roommates going to the movies with us tonight?
Please clean your closet! [Meski perintah tersebut tak memiliki subyek yang terungkap, maknanya jelas menyiratkan itu—“You please clean your closet.”]

Perhatikan bahwa sebuah kalimat tetap kalimat sederhana meski subyek, verba, atau keduanya dimajemukkan.
            The cat and the dog fought.
            The dog barked and growled.
            The cat and the dog snarled and fought.

Majemuk
Kalimat majemuk mengandung dua atau lebih klausa independen.
I may decide to forgive Mary for her behavior at the party, but I certainly won’t forget the embarrassment she caused me. [Bahwa dua klausa itu independen terbukti karena koma dapat diubah ke titik, menciptakan dua kalimat lengkap.]

I may decide to forgive Mary for her behavior at the party. I certainly won’t forget the embarrassment she caused me.

John went to Bermuda for a week, and Dave went to Florida for ten days, but I stayed home for the entire semester break. [Kalimat ini mengandung tiga klausa independen.]

Kompleks
Kalimat kompleks mengandung satu klausa independen dan satu atau lebih klausa dependen.
            When the movie is over, let’s go for a pizza.
            If my sister doesn’t visit me this weekend, I’m going to begin my term paper.
            That story about Martha isn’t true, although I must admit it’s plausible.

Majemuk-kompleks
Kalimat majemuk-kompleks mengandung dua atau lebih klausa independen dan sedikitnya satu klausa dependen.
            If you can’t relive the past, it makes no sense to brood over it; learn from it and then forget it.
Sally can’t seem to live without him, and yet every time she’s with him they quarrel incessantly; so unless she wants a lifetime of happiness, she’d better think twice before marrying him.

Belajar Bahasa Inggris tentang frasa, klausa, dan kalimat telah kita ulas bersama. Apakah ulasan tersebut bermanfaat? Apakah kemampuan Bahasa Inggris Anda semakin tercerahkan? Kami berharap demikian. Jadilah pembelajar Bahasa Inggris yang cakap menggunakan segala jenis kalimat agar teman-teman tak merasa kesulitan dalam berbicara dan menulis Bahasa Inggris. Ayo dipraktikkan! 

Ulasan grammar Bahasa Inggris yang lengkap, mendalam, dan lugas. Belajar Bahasa Inggris online yang terpercaya dan teruji. Tetap semangat! Keep moving on!

Untuk melengkapi materi tulisan ini berikut disertakan sebuah video. Selamat menonton!




Salam mencerahkan,

Follow Twitter Saya: @baryzin
Fans Page Saya: @EnglishKito

      edit

1 komentar: