Jumat, 15 Desember 2017

Published 14.05 by with 0 comment

Formasi Kata Bahasa Inggris: Compounding dan Conversion

Formasi Kata Bahasa Inggris: Compounding dan Conversion

kata majemuk bahasa inggris, kata majemuk dalam bahasa inggris, macam-macam kata majemuk dalam bahasa inggris, contoh kata majemuk bahasa inggris, kata majemuk bertingkat dalam bahasa inggris

Formasi kata Bahasa Inggris compounding (penggabungan) dan Conversion (konversi) termasuk yang produktif. Berikut ulasannya.

Compounding dalam Bahasa Inggris

Compounding (pembentukan kata majemuk) adalah proses kombinasi dari dua atau kadang tiga atau lebih morfem bebas atau kata yang sudah ada untuk menghasilkan bentuk tunggal—kata majemuk. Compounding bisa juga diartikan meletakkan bersama kata-kata yang ada untuk membentuk sebuah unit kosakata baru (rain + coat = raincoat). Compounding merupakan sumber istilah-istilah baru yang sangat produktif dalam Bahasa Inggris. Misalnya, nomina ape dapat digabung dengan nomina man untuk membentuk nomina majemuk ape-man. Adjektiva sick dapat digabung dengan nomina room untuk membentuk nomina majemuk sick-room dan adjektiva red dapat digabung dengan adjektiva hot untuk membentuk adjektiva majemuk red-hot, kata basket jika digabung dengan ball menjadi basketball, kata mail digabung dengan box menjadi mailbox, dan sebagainya.

Ambillah nomina house, contohnya. Kita bisa memiliki household, housemate, housesitter, houseboat, housearrest, housebound, house breaking, housebroken, housefly, housekeeper, houselights, housewarming, housewife, housework. Banyak kelas kata dapat digabung dalam cara ini, kadang-kadang berakhir sebagai satu kata, kadang-kadang sebagai dua atau lebih.

Berikut aspek-aspek penting yang Anda seharusnya ingat, berkenaan dengan compounding.

a.    Kelas kata dari keseluruhan majemuk sama seperti kelas kata dari anggota majemuk paling kanan—bungkul majemuk. Misalnya, bungkul dari majemuk high chair adalah nomina (nomina chair); dengan demikian keseluruhan majemuk high chair juga nomina. Bongkol majemuk overdo adalah verba (verba do); karenanya keseluruhan majemuk juga verba. Lebih jauh, untuk kelas kata yang sama, seperti deaf-mute (adjektiva-adjektiva), keseluruhan majemuk adalah adjektiva.

b.    Bentuk majemuk tidak terbatas kepada dua morfem bebas atau kata, seperti ditunjukkan oleh contoh-contoh seperti bathroom, towel-rack, mother-in-law, underprivileged, above-mentioned, jack-of-all-trades, dan foot-pound-second.

c.    Bentuk majemuk dapat dieja sebagai kata tunggal (bathroom, postman), sebagai kata bergaris hubung (ape-man, foot-pound-second, fifty-fifty, laid-back), atau sebagai dua kata yang terpisah (high jump, high chair, big business, point of view). Tak ada aturan regular seperti bagaimana sebuah kata seharusnya dieja.

d.    Bentuk majemuk yang memiliki kata dalam susunan yang sama sebagai frasa mempunyai tekanan utama pada hanya kata pertama, sedangkan kata secara individual dalam frasa mendapat penekanan utama bebas.

Bentuk majemuk            Frasa
    /      \                              /         /
blackbird                        black bird
    /    \                                /       /
makeup                          make up
     /      \                              /         /
blackboard                     black board

e.    Makna dari bongkol bentuk majemuk tampak menjadi sentral dalam arti dari keseluruhan majemuk, setidaknya bagi jenis majemuk tertentu. Misalnya, apron string (string adalah bungkul) adalah sejenis string; sedangkan string apron (apron adalah bungkul) adalah sejenis apron. Alligator shoes adalah sepatu yang terbuat dari kulit alligator; horseshoes tak perlu berarti sepatu yang terbuat dari kulit kuda; namun ia sepatu besi untuk kuku kuda.

f.    Bentuk majemuk mungkin terdiri atas berbagai kombinasi dari kelas kata. Berikut adalah beberapa daftar dari kombinasi kelas kata yang membentuk kata majemuk.

Noun + Noun               Adjective + Noun
landlord                        low-rider
baby blanket                 highchair
bathroom                      blackboard
movie-star                    sick-room
ape-man                       greenhouse
rainbow                        blackbird
stonewall                      cold-cream

Preposition + Noun    Verb + Noun
overdose                      hit-man
outrigger                      swearword
onlooker                      pickpocket
underdog                     scarecrow
underworld                  rainfall

Adjective + Adjective         Noun + Adjective
red-hot                                nation wide
widespread                         earth bound
blue-green                          heartbroken
bittersweet                          skin-deep

Preposition + Verb            Preposition + Adjective
outrun                                overripe  
overthrow                          underprivileged
uproot                                ingrown
underfeed                          above-mentioned
underestimate
undercut
overstep
download
overload

Noun + Verb                Noun + verb-er
homemade                   baby-sitter
rainfall                         can-opener
lip-red                          screwdriver

Adjective/Adverb+Noun + -en/-ed         Verb+ Particle
quick-frozen                                            makeup
nearsighted                                              breakdown
dim-witted                                               stakeout

Banyak bentuk majemuk memiliki makna yang jelas: a computer game adalah game yang dimainkan pada komputer. Bentuk majemuk yang lain lebih rumit: big-ticket items are expensive, dan heavy-metal is a type of rock music.

Conversion dalam Bahasa Inggris

Proses pembentukan kata yang lain yang sangat produktif dalam Bahasa Inggris adalah konversi. Ini terjadi ketika satu kelas kata dikonversi ke dalam kelas kata yang lain, tanpa imbuhan derivasi apa pun.

Sebuah kata baru mungkin diciptakan hanya dengan mengubah kelas kata ke kelas kata lainnya tanpa mengubah bentuk kata tersebut. Nama lain untuk proses yang sangat umum ini adalah “ubahan kategori” (category change) dan “alih fungsi” (functional shift). Sejumlah nomina seperti kata paper, butter, vacation, bottle, dapat, melalui proses konversi, digunakan sebagai verba. Perhatikan kalimat-kalimat berikut.

-    He is papering the bedroom walls.
-    Have you buttered the toast?
-    We bottled the home-brew last night.
-    They are vacationing in France.

Berikut contoh proses konversi yang lain.

-    He put butter on his bread. ➡ He buttered his bread.
-    He poured water on the plants. ➡ He watered the plants.
-    Jo removed dust from the desk. ➡ Jo dusted the desk.
-    I took the pits out of the dates. ➡ I pitted the dates.
-    He cut the log with a saw. ➡ He sawed the log.
-    Sue gathered the leaves with a rake. ➡ Sue raked the leaves.

Proses ini secara khusus produktif dalam Bahasa Inggris modern, dengan penggunaan baru yang terjadi begitu sering. Konversi ini dapat melibatkan, di antaranya, sebagai berikut:

a.    Verba menjadi nomina: (to) guess dan (to) spy menjadi a guess dan a spy.
b.    Adjektiva menjadi verba: dirty dan empty menjadi (to) dirty dan (to) empty.
c.    Adjektiva menjadi nomina: crazy dan nasty menjadi a crazy dan a nasty.
d.    Nomina menjadi verba: water dan stone menjadi (to) water dan (to) stone.

Lainnya: adverbia menjadi verba: up dan down menjadi (to) up dan (to) down, seperti dalam kalimat berikut: They up the prices but we down the salary. Preposisi menjadi verba: across menjadi (to) across, seperti dalam kalimat berikut: Habil walked across the street. ➡ Habil acrossed the street.

Proses Ganda dalam Bahasa Inggris

Perhatikan contoh kalimat berikut: The problems with the project have snowballed, kata yang terakhir dapat dicatat sebagai contoh dari compounding (snow + ball), yang telah mengalami proses konversi (nomina ➡ verba). Jadi, kata ini telah mengalami proses ganda, yakni compounding dan conversion. Kata blueprinted dapat diambil sebagai contoh lainnya dari proses ganda, yakni compounding dan conversion.

Untuk melengkapi postingan ini berikut disertakan videonya. Selamat menonton.




Salam,
BlajarBahasaInggris.com
 
      edit

0 Comments:

Posting Komentar