Kamis, 18 Januari 2018

Published 13.54 by with 0 comment

Definisi Kelas Kata Bahasa Inggris

Definisi Kelas Kata Bahasa Inggris


inggris, bahasa inggris, belajar bahasa inggris, noun, nomina bahasa inggris, kata benda bahasa inggris, belajar nomina bahasa inggris, definisi kata benda





Tiga Kriteria dalam Mendefinisikan Kelas Kata: Semantik, Struktural, dan Fungsional

Untuk menerapkan tiga kriteria tersebut, kita ambil salah satu kelas kata, yakni nomina (kata benda).

Identifikasi nomina didasarkan pada kriteria semantik

Definisi standar nomina yang selama ini kita kenal: “Nomina adalah nama seseorang, tempat atau benda.” Definisi ini cocok dengan nomina Kevin, Cincinnati, dan eraser, tetapi definisi ini menjadi problematik ketika kita berpikir tentang kata seperti blue sebagai adjektiva karena ia adalah kata yang menerangkan. Tetapi orang dapat berargumentasi bahwa blue adalah nama sesuatu—warna—dan oleh karena itu sungguh sebuah nomina.

Identifikasi nomina didasarkan pada kriteria struktural

Melalui karakteristik struktural, atau formal: posisi nomina dalam kalimat, berdekatan kata fungsi, jika ada, dan konstituennya. Nomina umum dalam Bahasa Inggris secara khusus menempati posisi seperti berikut dan didahului oleh kata fungsi seperti the atau their (determiner).

    The ____________ was very amusing.
    Did you notice their _____________?

Sebagai konstituen nomina, kita ambil contoh book adalah unit minimal, tidak ada cara untuk menguraikannya lebih lanjut. Semacam ini, kita mengatakannya memiliki satu morfem. Nomina seperti books, di lain pihak, memiliki dua morfem, book dan morfem –s sebagai penanda jamak.

Ada dua morfem gramatikal yang dapat digunakan untuk menandai nomina dalam Bahasa Inggris. Nomina dapat dihitung memiliki infleksi jamak untuk membedakan antara “one” dan “more than one” (boy vs. boys), dan semua nomina dapat memiliki infleksi posesif (girl vs. girl’s) untuk menandai posesi (kepemilikan). Di samping morfem gramatikal jamak dan posesif, nomina Bahasa Inggris sering memiliki morfem derivasional yang menandai nomina berasal dari kelas kata yang lain. Contohnya, menambah –ness ke adjektiva sad memberi kita nomina sadness. Ada banyak morfem derivasional nomina, meski beberapa digunakan hanya dalam beberapa kata, seperti –dom dalam kingdom dan wisdom sedangkan lainnya seperti –ness sering dan produktif.

Tidak mengejutkan, percaya pada kriteria struktural untuk mengidentifikasi nomina dapat menimbulkan masalah. Tidak semua nomina memiliki morfem seperti nomina yang berbeda, dan bahkan ketika mereka punya, kata itu tidak selalu berfungsi sebagai nomina; contohnya wilderness tidak berfungsi sebagai nomina dalam kata majemuk wilderness park. Lagi pula, banyak kata tanpa morfem  yang membedakan akan juga muncul milik lebih dari satu kelas kata, seperti fly sebagai nomina atau verba dan orange sebagai nomina atau adjektiva. 

Identifikasi nomina didasarkan pada kriteria fungsional

Karena tidak memadai mengidentifikasi kelas kata yang didasarkan pada kriteria semantik dan struktural, kriteria ketiga digunakan. Dikenal sebagai kriteria fungsional, ia mendefinisikan kelas kata dengan fungsi gramatikal yang ia mainkan dalam kalimat. Contohnya, dari perspektif fungsional, nomina adalah sebuah kelas kata yang dapat bertindak sebagai subyek dari verba dalam kalimat. Jadi, dalam kalimat berikut kita mengetahui dalam bagian bahwa kata glass adalah nomina karena ia adalah subyeknya verba.

    The glass is dirty.

Masalahnya di sini bahwa nomina seperti glass dapat mendahului verba dan tidak berfungsi sebagai subyek, tetapi lebih dapat berfungsi sebagai adjektiva tanpa mengubah bentuknya.

    The glass ashtray is dirty.

Seperti dapat dilihat, kemudian, tidak ada dari definisi ini lengkap dengan sendirinya. Semuanya mengarah ke karakteristik nomina yang berbeda: makna umum mereka, bentuk/posisi mereka, dan fungsi gramatika mereka. Oleh karena itu lebih baik berpikir kelas kata tertentu definisinya ditentukan oleh gugus kriteria. Sebagian besar ahli bahasa sekarang mengakui bahwa masalahnya tidak sederhana mendefinisikan bahkan blok pembangun gramatika yang paling dasar, kelas kata. Ironisnya, tak diakui bahwa kata dari kelas kata ternyata problematik—ini adalah definisi kelas kata yang sukar untuk dipahami.

Berikut video yang mungkin bisa memperkaya materi belajar Bahasa Inggris.
Video tentang ringkasan bukunya.




Salam mencerahkan,

Follow Me on:
YouTube: https://www.youtube.com/channel/UCM5qEVCvLHTAtuNfWt3tT1w/
Facebook: https://www.facebook.com/EnglishKito/
Instagram: https://www.instagram.com/baryzin
Twitter: https://twitter.com/baryzin








      edit

0 Comments:

Posting Komentar