Selasa, 24 Maret 2015

Published 16.57 by with 0 comment

Cara Mengatasi Kalimat Melantur Dalam Bahasa Inggris

 Cara Mengatasi Kalimat Melantur Dalam Bahasa Inggris



Comma Splice dan Run-on Sentence
Tanda Penyambung Koma dan Kalimat Melantur

belajar bahasa inggris tentang kalimat melantur, belajar bahasa inggris perihal fragmen kalimat, belajar bahasa inggris seputar tanda sambung koma, belajar bahasa inggris tentang run-on sentence, belajar bahasa inggris membahas comma splice, belajar bahasa inggris mengulas run-on sentence, cara mengatasi kalimat melantur dalam bahasa inggris

Kata ngelantur (Jawa) biasanya memiliki konotasi negatif. Nah bagaimana cara mengatasi kalimat yang ngelantur? Caranya harus dipasang portal tanda baca. Ini dia cara untuk mengatasi kalimat ngelantur yang bisa dipraktekkan oleh siapa saja. Mari kita ikuti belajar Bahasa Inggris berikut ini.
 
Ketika kita menulis, mudah saja membuat dua kesalahan. Pertama adalah menulis comma splice (tanda penyambung koma) dan run-on sentence (kalimat melantur; ngelantur = Jawa) dan fragmen kalimat (sentence fragment).

Comma Splice (Tanda Penyambung Koma)
Jangan tautkan dua klausa utama hanya dengan koma. Menempatkan koma antara dua klausa utama tanpa kata hubung (and, but, for, or, nor, so, yet) menyebabkan comma splice. Jadi comma splice yang dimaksud di sini adalah penyambung klausa independen hanya dengan koma. Jika dua klausa utama digabung dengan kata sambung, koma mungkin mendahului kata hubung. Jika tidak digunakan kata hubung, dua klausa harus dipisah dengan semikolon {;} atau titik.

Comma splice dibetulkan dalam satu dari cara-cara berikut:
  1. Tautkan klausa utama dengan kata hubung.
  2. Ganti koma {,} dengan semikolon {;}.
  3. Buatlah kalimat yang terpisah dari masing-masing klausa.
  4. Ubahlah satu dari klausa utama ke anak kalimat (klausa subordinasi).
COMMA SPLICE        I avoided desserts, I was trying to lose weight.
              REVISED       I avoided desserts, for I was trying to lose weight.
                                      I avoided desserts; I was trying to lose weight.
                                      I avoided desserts. I was trying to lose weight.
                                      Because I was trying to lose weight, I avoided desserts.

Revisi yang keempat biasanya akan menjadi paling efektif, karena tidak hanya membetulkan comma splice tetapi juga menunjukkan hubungan yang khusus antara klausa tersebut. Revisi yang baik dari kesalahan comma splice sering memerlukan penyusunan kembali kalimat tersebut daripada hanya sekedar menyisipkan tanda baca. Jenis revisi yang Anda pilih akan bergantung pada konteks yang lebih luas yang di situ kalimat tersebut berada.

Gunakan semikolon {;} atau titik antara dua klausa utama yang dihubungkan dengan adverbia penghubung (conjunctive adverb) atau frasa transisi (transitional phrase).
Conjunctive adverb adalah kata seperti accordingly, also, consequently, furthermore, instead, likewise, moreover, nevertheless, then, therefore, and thus. Frasa transisi adalah frasa seperti for example, in fact, on the other hand, in conclusion, in the meantime. Ketika kata atau frasa seperti ini menghubungkan klausa utama, kata atau frasa tersebut harus selalu didahului dengan semikolon {;} atau titik.

          First we made coffee. Then we cooked breakfast.
          John must be asleep; otherwise, he would be here.
          I should drink less coffee; however, the caffeine keeps me alert.
         Caffeine makes the heart pump faster; in fact, people with heart ailments should avoid caffeine.

Run-on Sentence (Kalimat Melantur)
Run-on sentence bukan sekedar kalimat yang panjang; ini menyangkut kalimat yang mengandung dua atau lebih klausa independen yang tidak secara benar ditautkan.

Jangan hilangkan tanda baca antara klausa utama. Penghilangan semacam ini berakibat dalam run-on sentence--dengan demikian, dua pikiran lengkap secara gramatika tanpa tanda baca pemisah. Betulkan kesalahan ini dalam cara yang sama seperti comma splice.

RUN-ON SENTENCE     Caffeine is a stimulant it give some people the jitters.
                     REVISED     Caffeine is a stimulant, and it give some people the jitters.
                                           Caffeine is a stimulant; it give some people the jitters.
                                           Caffeine is a stimulant; thus it give some people the jitters.
                                           Caffeine is a stimulant. It give some people the jitters.
                                           Because caffeine is a stimulant, it give some people the jitters.

RUN-ON SENTENCE      Coffee contains caffeine furthermore, chocolate, tea, and cola
                                            also contain significant amounts of caffeine.
                     REVISED      Coffee contains caffeine; furthermore, chocolate, tea, and cola
                                            also contain significant amounts of caffeine.

RUN-ON SENTENCE     Many soft drinks have a high caffeine content as a result caffeine-free colas have been developed to respond to consumers' concerns.
                     REVISED     Many soft drinks have a high caffeine content. As a result, caffeine-free colas have been developed to respond to consumers' concerns.

RUN-ON SENTENCE: Professional workers such as lawyers or accountants usually work longer hours than factory workers they have more freedom in planning their time.

Kalimat di atas memiliki dua klausa independen yang ditautkan secara tidak benar. Anda dapat memperbaiki run-on sentence dengan menggabungkan klausa secara benar atau dengan memecah run-on sentence ke dalam dua kalimat yang lebih pendek.

CORRECTION A: Professional workers such as lawyers or accountants usually work longer hours than factory workers; however, they have more freedom in planning their time.

CORRECTION B: Professional workers such as lawyers or accountants usually work longer hours than factory workers. However, they have more freedom in planning their time.

Untuk memperdalam materi di atas, cobalah kerjakan latihan berikut ini.
Melantur atau ngelantur (Jawa) biasanya memiliki konotasi negatif. Bagaimana caranya mengatasi kalimat yang ngelantur? Caranya ya, dengan memasang portal tanda baca.

Belajar Bahasa Inggris online yang terpercaya dan teruji. Ulasan grammar Bahasa Inggris yang lengkap, mendalam, dan lugas. Artikel Bahasa Inggris yang enak dibaca dan perlu. Tetap semangat! Keep moving on!


Video berikut mungkin bisa melengkapi materi tulisan ini. Selamat menonton!




Follow Twitter Saya: @baryzin
Fans Page Saya: @EnglishKito



      edit

0 Comments:

Posting Komentar