Sabtu, 03 Oktober 2015

Published 20.03 by with 0 comment

Terkait Subject-Verb Agreement, Ada 3 Perkecualian

belajar bahasa inggris tentang Subject-Verb Agreement, belajar bahasa inggris tentang tiga perkecualian terkait subject-verb agreement, belajar bahasa inggris membahas tiga perkecualian terkait subject-verb agreement, belajar bahasa inggris perihal tiga perkecualian terkait subject-verb agreement, belajar bahasa inggris mengulas tiga perkecualian terkait subject-verb agreement, belajar bahasa inggris seputar tiga perkecualian terkait subject-verb agreement, belajar bahasa inggris mengupas tiga perkecualian terkait subject-verb agreement

Sumber: www.Google.co.id/gambar/subject-verb agreement


Belajar Bahasa Inggris: 3 Perkecualian Terkait Subject-Verb Agreement


Masih. Kali ini masih membahas subject-verb agreement dalam sesi belajar Bahasa Inggris kita. Yang dibahas kali ini adalah bagian terakhir dari 3 Situasi Utama Penyebab Kesalahan Subject-Verb Agreement. Subyek majemuk yang digabung dengan kata sambung setara mengambil verba jamak, tetapi ada tiga perkecualian, yang diberi label: one and the same, each and every, dan bacon and eggs. Mari kita bahas bersama. Mulai!

Subyek majemuk terbentuk ketika dua (atau lebih) subyek digabung oleh kata sambung setara. Kata sambung setara yang normalnya digunakan untuk menggabungkan subyek adalah sebagai berikut:

Kata sambung kata tunggal                   Kata sambung bertalian
and                                                            both . . . and
or                                                              either . . . or
                                                                  neither . . . nor

Berikut adalah contoh dari masing-masing (kata sambung setara dicetak miring, subyek majemuk digaris-bawahi):

     Larry and Holly are coming to the meeting.
     A pencil or a pen is all that you will need.
     Both Donner and Blitzen were really fed up with the fat guy.
     Either Fred or Louise is scheduled to be there.
     Unfortunately, neither I nor my husband is able to come.

Aturan bagi subject-verb agreement dengan subyek majemuk berbeda, tergantung pada kata sambung setara yang digunakan. Bagi and dan kata sambung bertalian both . . . and, subyek majemuk memerlukan verba jamak.

Subyek majemuk yang dibentuk dengan apa saja dari tiga kata sambung yang tersisa (or, either . . . or, neither . . . nor) diatur dengan aturan yang lebih rumit: verbanya berkesesuian dengan hanya dengan yang kedua dari dua subyek. Berikut beberapa contoh (kata sambung setara dicetak miring, subyek majemuk digaris-bawahi, verbanya dicetak tebal):
    
     One truck or three cars are all that the ferry can carry at one time.

Verba are berkesesuaian dengan cars, yang kedua (dan lebih dekat) dari dua subyek dalam subyek majemuk. Sekarang lihatlah apa yang terjadi ketika kita membalik dua frasa nomina dalam subyek majemuk:
 
     Three cars or one truck is all that the ferry can carry at one time.

Sekarang verbanya tunggal untuk berkesesuaian dengan truck.

     Either Aunt Sarah or the Smiths are picking you up.

Verbanya jamak untuk berkesesuaian dengan subyek jamak Smiths. Berikut adalah dua frasa nomina subyek yang dibalik:

     Either the Smiths or Aunt Sarah is picking you up.

Sekarang verbanya tunggal untuk berkesesuaian dengan Aunt Sarah.

     Neither the banks nor the post office is open today.

Verbanya tunggal untuk berkesesuaian dengan the post office, yang kedua dari dua frasa nomina. Berikut dua subyek yang dibalik:

     Neither the post office nor the banks are open today.

Sekarang verbanya jamak untuk berkesesuaian dengan banks.



Subyek majemuk yang digabung dengan and atau both . . . and akan nampak menjadi hal biasa. Keduanya selalu mengambil verba jamak, bukan? Selama ini berlalu begitu, tetapi ada tiga perkecualian, yang telah diberi label: one and the same, each and every, dan bacon and eggs.

One and the same (Satu dan yang Sama)

Kadang-kadang, kita akan menggunakan subyek majemuk yang di dalamnya dua nomina merujuk ke orang atau sesuatu yang sama. Dalam situasi ini, kita menggunakan verba tunggal. berikut sebuah contoh (majemuk digaris-bawahi, verba dicetak miring):

     My neighbor and good friend Sally has lived here for years.

Dalam kalimat ini, my neighbor and good friend Sally adalah satu dan orang yang sama. Karena hanya ada satu orang, verbanya tunggal.

Berikut dua contoh lagi:
     My friend and benefactor was there to help me.
     His pride and joy was a restored Stanley Steamer.

Each and Every

Ketika modifier each dan every digunakan untuk menerangkan subyek majemuk, verbanya tunggal. Each dan every nampak memiliki parafrase yang jelas dari each one dan every one yang memerlukan verba tunggal. Berikut adalah dua contoh dari each dan dua contoh dari every (verba dicetak miring, subyek majemuk digaris-bawahi, each dan every dicetak tebal):
    
     EachEach senator and representative on the committee has one vote.
                Each boy and girl takes a turn at drawing names.

     EveryEvery senator and member of congress has exactly one vote.
                  It seems that every town, country, and village has an Oak Street.

Bacon and Eggs (Daging Babi dan Telur)

Ketika subyek majemuk yang digabung dengan kata sambung setara and membentuk unit tunggal yang terorganisasi dengan baik, maka subyek majemuk tersebut digunakan dengan verba tunggal. Berikut beberapa contoh yang jelas dari unit tunggal yang terorganisasi dengan baik (verba dicetak miring, majemuk digaris-bawahi):

     Bacon and eggs is still the standard American breakfast.
     Drinking and driving is the major cause of accidents.
     The bow and arrow is found in virtually every traditional culture.
     Thunder and lighting always scares my dog to death.

Sumber kesalahan yang paling umum dalam kalimat dengan subyek majemuk yang digabung dengan and adalah penulis yang menyamaratakan aturan bacon and eggs. Karenanya, para penulis cenderung berpikir semua subyek majemuk yang digabung dengan and sebagai unit  dan lantas menggunakan verba tunggal dengan semua subyek majemuk.

Bagaimanapun, majemuk yang menyatu seperti bacon and eggs adalah perkecualian, bukan aturan. Dari sudut logika yang murni, orang dapat membuat sebuah kasus bahwa semua majemuk yang digabung dengan and adalah unit (kesatuan) dari beberapa macam. Terlalu jelek bahwa konvensi tata bahasa Inggris sedikit mendorong kepada logika. Aturan yang fundamental (dasar) adalah bahwa subyek majemuk yang digabung dengan and memerlukan verba jamak. Sehingga, jika tidak ada alasan yang memaksa untuk mengesampingkan aturan dasar, selalu gunakan verba jamak dengan subyek majemuk yang digabung dengan and. Alat uji berikut akan membantu Anda memutuskan apakah ya atau tidak subyek majemuk yang digabung dengan and seharusnya digunakan dengan verba tunggal atau jamak.

Uji Penggantian Pronomina bagi Subyek Majemuk yang Digabung dengan And
Kapan saja and digunakan untuk menggabungkan subyek majemuk, lihat apakah Anda dapat mengganti subyek majemuk dengan pronomina they atau it. Jika it benar-benar nampak lebih disukai daripada they, lantas gunakanlah verba tunggal. Jika sebaliknya, selalu gunakan they dan gunakanlah verba jamak.

Berikut beberapa kalimat contoh, yang mungkin atau tidak mungkin benar seperti adanya (verba dicetak miring, subyek majemuk digaris-bawahi):
    
     The pencils and some paper is on the desk.

Akankah Anda lebih suka (a) atau (b)?
(a) They are on the desk. (They = the pencils and some paper)
(b) It is on the desk. (It = the pencils and some paper)

Berikut, pilihan itu nampak begitu jelas. Subyek majemuk the pencils and some paper tidak nampak cukup sebagai unit (kesatuan) yang terbangun dengan baik untuk diganti dengan it. Oleh karena itu, kalimat itu perlu dibetulkan:

     The pencils and some paper are on the desk.

    Our genetic makeup and our personal experience makes us who we are.

Apakah Anda lebih suka (a) atau (b)?
(a) They make us who we are. (They = our genetic makeup and our personal experience)
(b) It makes us who we are. (It = our genetic makeup and our personal experience)

Generic makeup dan personal experience bersama membuat suatu jenis unit yang natural, tetapi karena mereka tidak merupakan jenis frasa yang pasti atau dapat dikenali, they nampak pengganti pronomina yang jauh lebih baik bagi frasa itu. Konsekuensinya, kita perlu membetulkan kalimat aslinya:

     Our genetic makeup and our personal experience make us who we are.

     What we see and what we get is not always the same thing.

Akankah Anda lebih suka (a) atau (b)?
(a) They are not always the same thing. (They = What we see and what we get)
(b) It is not always the same thing. (It = What we see and what we get)

Dalam contoh ini, kita memiliki subyek majemuk yang lebih rumit yang menggabungkan dua klausa nomina. Meskipun fakta bahwa what we see dan what we get keduanya merupakan frasa yang dapat kita kenali, keduanya tidak merupakan frasa yang terpasang bersama sebagai unit tunggal. Oleh karena itu, they lebih dapat disukai, sehingga kalimat itu perlu dibetulkan:

     What we see and what we get are not always the same thing.

Selesailah sudah kita bahas 3 Situasi Utama Penyebab Kesalahan Subject-Verb Agreement dan yang kita bahas kali ini merupakan bagian terakhir--Berkesesuaian dengan Subyek Majemuk. Lalu apa yang bisa kita petik dari bagian ketiga yang baru saja kita bahas? Mungkin ini: (1) Ketika subyek majemuk yang digabung oleh kata sambung setara and membentuk unit tunggal yang terorganisasi dengan baik, maka verbanya singular, (2) Jika subyek majemuk diterangkan oleh each atau every, maka verbanya singular, (3) Jika frasa nomina yang digabung oleh kata sambung setara merujuk ke satu dan orang atau sesuatu yang sama, maka verbanya singular. Jika bentuk majemuk itu adalah or, either . . . or, atau neither . . . nor, maka verbanya berkesesuaian dengan subyek yang terdekat.


Cara belajar Bahasa Inggris yang simpel, mudah dimengerti dan dipraktikkan. Ulasan grammar Bahasa Inggris yang lengkap, mendalam, dan lugas. Artikel Bahasa Inggris yang enak dibaca dan perlu. Tetap semangat! Keep moving on! 

Follow Me on:
YouTube: https://www.youtube.com/channel/UCM5qEVCvLHTAtuNfWt3tT1w/
Facebook: https://www.facebook.com/EnglishKito/
Instagram: https://www.instagram.com/baryzin
Twitter: https://twitter.com/baryzin 

      edit

0 Comments:

Posting Komentar