Jumat, 29 Mei 2015

Published 22.50 by with 0 comment

Belajar Bahasa Inggris Frasa Verba: Action Verb

belajar bahasa inggris tentang frasa verba dari action verb, belajar bahasa inggris perihal frasa verba dari action verb, belajar bahasa inggris seputar frasa verba dari action verb, belajar bahasa inggris membahas frasa verba dari action verb, belajar bahasa inggris mengulas frasa verba dari action verb, belajar bahasa inggris mengulas frasa verba dari action verb, frasa verba dari action verb jadi bahasan belajar bahasa inggris
Sumber: Google.co.id/gambar/action verbs

Belajar Bahasa Inggris Frasa Verba: Action Verb



Sudah kita pelajari bahwa definisi tradisional verba adalah kata yang digunakan untuk mengungkapkan tindakan (aksi) atau menggambarkan keadaan keberadaan. Sebagaimana definisi itu menyiratkan, ada dua jenis verba yang berbeda: action verb dan linking verb yang menggambarkan subyek. Linking verb sudah kita bahas pada sesi belajar Bahasa Inggris online sebelumnya dan sekarang giliran kita bahas verba aksi (action verb) lebih detail. Berikut contohnya:

        Action verb                                       Linking verb
        Donald laughed.                                  Donald is funny.
        Jane wrote a novel                              The novel became a bestseller.
        Erma made some soup                         The soup smelled wonderful.

Istilah action dan linking sangat tidak jelas. Bagian masalahnya adalah dengan istilah action. Tentu banyak verba aksi mengungkapkan tindakan. Dalam contoh pertama, Donald terlibat dalam aksi tersenyum. Dalam contoh kedua, Jane terlibat aksi menulis novel. Dalam contoh ketiga, Erma terlibat dalam aksi membuat soup. Sejauh ini baik-baik saja. Bagaimanapun, banyak verba aksi tidak mengungkapkan aksi dalam pengertian normal kata itu. Berikut beberapa contoh verba aksi yang tanpa aksi:

        Fred has a new car.
        Pat forgot these keys.
        The garden swarmed with bees. (Contoh klasik dari ahli bahasa abad 19)

Dalam contoh pertama, Fred tidak sedang terlibat dalam aksi apa saja yang jelas. Verba has nampak menggambarkan apa yang Fred miliki atau punyai daripada memberitahu kita apa yang Fred lakukan. Bandingkan kalimat itu dengan kalimat ini: Fred bought a new car. Di sini, Fred dengan jelas terlibat dalam aksi membeli. Dalam kalimat kedua, makna forgot hampir lawan dari jenis aksi apa saja. Poor Pat tidak terlibat dalam aksi membawa kuncinya. Dalam kalimat ketiga, kebun itu tidak terlibat dalam aksi berkerumun kecuali tawon itu. Kebun tidak sedang melakukan apapun sama sekali, namun ini masih verba aksi.

Masalah ilustrasi contoh ini adalah bahwa tidak ada cara yang tepat (bagus) untuk mendefinisikan kelas verba aksi dengan makna saja. Karena verba aksi mewakili semacam kelas yang besar dan beragam (99,9 persen dari semua verba), hal ini mustahil untuk menemukan karakteristik pendefinisi tunggal yang akan menangani sama baik untuk semua verba aksi.

Definisi satu-satunya yang sungguh akurat adalah definisi negatif: verba aksi adalah verba yang tidak merupakan linking verb

Verba Aksi dan Pelengkapnya
Tata bahasa tradisional memiliki terminologi yang dengan bagus dibangun bagi pelengkap yang lebih umum yang digunakan dengan verba aksi. Verba aksi yang memilki pelengkap disebut verba transitif. Verba aksi yang tidak memiliki pelengkap disebut verba intransitif

Perbedaan antara verba transitif dan intransitif secara luas dikenali. Contoh, ketika Anda sebagai pembelajar Bahasa Inggris mencari dan melihat sebuah verba aksi di dalam kamus, Anda akan menemukan simbol berikut tepat setelah entri: vt atau vi. vt singkatan dari verba transitif [transitive verb]; vi kepanjangannya verba intransitif [intransitive verb]. Berikut beberapa contoh verba intransitif (verba dicetak miring):

        Sam snores.
        Sally sneezed.
        The children snickerd.
        All of the flowers wilted in the sun.

Perhatikan contoh terakhir. In the sun adalah frasa preposisi adverbia tidak wajib. Karena in the sun tidak diperlukan oleh verba untuk membuat kalimat yang lengkap, ia tidak menjadi pelengkap. Verba intransitif dapat diikuti oleh sejumlah adverbia tidak wajib (optional). 

Sekarang pembelajar Bahasa Inggris akan dibawa beralih ke pembicaraan berbagai jenis pelengkap yang dengannya verba transitif dapat digunakan.

Obyek. Sampai sejauh ini pelengkap verba transitif yang paling sering adalah frasa nomina. (Ingat bahwa istilah frasa nomina adalah istilah kolektif yang mencakup nomina tunggal, nomina, dan modifier-nya, dan pronomina. Pelengkap frasa nomina dari verba aksi disebut obyek. (Istilah obyek langsung juga kadang-kadang digunakan. Dua istilah, obyek dan obyek langsung, digunakan saling bergantian dalam sebagian besar konteks.)

Berikut beberapa contoh verba transitif dengan obyek (verba transitif dicetak miring, obyek dicetak tebal):

        Simple Simon met a pie-man, going to the fair.
        Simple Simon bought a pie.
        Simple Simon really liked it.
       Unfortunately, Simple Simon didn't have any money to pay for it

Obyek Tak Langsung dan Langsung. Kecil tetapi penting subgrup verba transitif tidak memiliki satu tetapi dua obyek. Bagi verba ini, adalah perlu untuk membedakan antara obyek tak langsung (disingkat sebagai IO) dan obyek langsung (disingkat sebagai DO). Ketika ada dua obyek, obyek tak langsung selalu ada duluan sebelum obyek langsung. Berikut beberapa contoh dengan kedua obyek frasa nomina digarisbawahi dan diberi label:

        Sally gave the boss her report.
                            IO          DO
        John got the kids some pizza.
                         IO           DO

Ketika sebuah kalimat hanya mengandung satu obyek (sebagaimana kasus dengan sebagian besar verba transitif), obyek itu dapat juga disebut obyek langsung. Bagaimanapun, obyek tak langsung tidak pernah dapat digunakan sebagai obyek sendirian dalam sebuah kalimat. Karenanya, kita hanya dapat memiliki obyek tak langsung ketika ada juga obyek langsung.

Kalimat dengan obyek tak langsung memiliki fitur yang sedikit khas yang membuat obyek tak langsung (relatif) mudah untuk dikenali.

Uji to/for untuk Obyek Tak Langsung
Obyek tak langsung dapat diubah ke frasa preposisi yang mulai dengan salah satu to atau for (tergantung pada verbanya). Frasa preposisi itu kemudian dipindah setelah obyek langsung.

       Sally gave the boss her report.
                            IO          DO
 Uji to/for: Sally gave her report to the boss.

      John got the kids some pizza.
                         IO           DO
Uji to/for: John got some pizza for the kids.

Perhatikan bahwa dalam kedua contoh dua hal telah terjadi: (1) dua obyek frasa nomina telah bertukar tempat: obyek tak langsung sekarang mengikuti obyek langsung yang asli; dan (2) preposisi to atau for telah disisipkan antara dua frasa nomina yang digeser. 

Obyek dan Pelengkap Obyek. Beberapa verba aksi dapat memiliki obyek dan pelengkap obyek. Pelengkap obyek adalah nomina atau adjektiva deskriptif yang mengikuti obyek dan merujuk kembali ke obyek itu. Berikut beberapa contohnya:
         
        Nomina sebagai pelengkap obyek (pelengakp obyek dicetak miring, obyek dicetak tebal)
        Sally considered John a fool. (a fool = John)
        The board named him the new vice president for sales. (the new vice president for sales = him)
        They elected Elaine treasurer. (Elaine = treasurer)

        Adjektiva deskriptif sebagai pelengkap obyek (pelengkap obyek dicetak miring, obyek dicetak tebal)
        Keep the room clean. (clean merujuk ke room)
        They painted the house white. (white merujuk ke house)
        The jury believed him innocent. (innocent merujuk ke him) 

Pelengkap verba dalam Tata Bahasa Tradisional. Berikut ringkasan, dengan contoh, tujuh jenis pelengkap yang dikenal dalam tata bahasa tradisional. Ada dua jenis pelengkap yang digunakan dengan linking verb dan lima dengan action verb. Verba dicetak miring, dan pelengkap dicetak tebal:

Linking Verb
Pelengkap Subyek: 

1. Nominatif Predikat (frasa nomina yang harus merujuk kembali ke subyek)
        Butch became a football coach.
2. Adjektiva Predikat (adjektiva deskriptif yang harus merujuk kembali ke subyek)
        Butch was aggressive.
Action Verb
Pelengkap Verba Aksi:
3. Tidak ada pelengkap (verba intransitif)
        Rudolph smiled.
4. Obyek atau obyek langsung (frasa nomina tunggal)
        Santa fed the reindeer.
5. Obyek tak langsung dan langsung (dua frasa nomina)
        Santa gave Rudolph a carrot.
                              IO           DO
6. Obyek dan frasa nomina pelengkap obyek (dua frasa nomina yang harus merujuk ke orang atau sesuatu yang sama)
                                               obyek               FN pelengkap obyek
        The committee named Senator Blather chair.
 FN = Frasa Nomina
7. Obyek dan adjektiva pelengkap obyek (obyek frasa nomina dan adjektiva yang harus merujuk kembali ke obyek itu)
                                                  obyek              adj. pelengkap obyek
        The committee believed Senator Blather capable.

Untuk melengkapi materi tulisan ini berikut disertakan sebuah video. Semoga bisa membantu.


Nah, sampailah di penghujung pokok bahasan tentang verba aksi, meski dalam ringkasannya memasukkan juga linking verb yang sudah dibahas pada sesi sebelumnya. Belajar Bahasa Inggris online yang komplete dan mencerahkan. Ulasan grammar Bahasa Inggris yang lengkap, mendalam, dan lugas. Artikel Bahasa Inggris yang enak dibaca dan perlu. Tetap semangat! Keep moving on!



Salam mencerahkan,


Follow Twitter Saya: @baryzin
Fans Page Saya: @EnglishKito 
 
      edit

0 Comments:

Posting Komentar