Minggu, 03 Mei 2015

Published 16.44 by with 0 comment

Belajar Bahasa Inggris tentang Klausa Adverbia



belajar bahasa inggris tentang klausa adverbia, belajar bahasa inggris perihal klausa adverbia, belajar bahasa inggris seputar klausa adverbia, belajar bahasa inggris membahas klausa advebia, belajar bahasa inggris mengulas klausa adverbia, belajar bahasa inggris mengupas klausa adverbia, klausa adverbia jadi bahasan belajar bahasa inggris
Sumber: www.Google.co.id/gambar/adverb clause

Belajar Bahasa Inggris Tentang Klausa Adverbia



Kalimat, klausa, dan frasa merupakan tataran hirarki gramatika suatu bahasa dari yang paling tinggi sampai dengan yang paling rendah. Untuk mengingatkan pembelajar Bahasa Inggris bahwa klausa dapat berupa salah satu dari dua jenis struktur:

  1. Klausa independen (atau klausa utama), yang dapat berdiri sendiri, dan
  2. Klausa dependen (atau anak kalimat), klausa yang tidak dapat berdiri sendiri dan harus ditempelkan atau dimasukkan dalam klausa independen.

Ada tiga jenis klausa dependen yang berbeda: klausa adverbia, klausa adjektiva, dan klausa nomina. Pada kesempatan belajar Bahasa Inggris kali ini kita akan membahas materi belajar Bahasa Inggris yang berfokus pada klausa adverbia.

Dalam klausa adverbia, kata isyarat pengenal ditambahkan ke struktur subyek-predikat penuh. Kata isyarat ini memerlukan klausa untuk ditempelkan ke klausa independen—I could not come last night because I had to work. Jika kalimat ini diurai maka akan kita dapatkan:

-          I could not come last night = klausa independen
-          because I had to work = klausa dependen
-          because = kata isyarat pengenal 

Klausa adverbia digunakan untuk menunjukkan hubungan antara gagasan sehingga satu gagasan menjadi subordinasi dari lainnya. Klausa adverbia menunjukkan hubungan waktu, sebab dan akibat, kontras, dan kondisi. Perlu pembelajar Bahasa Inggris ketahui bahwa klausa adverbia melakukan apa yang adverbia selalu lakukan: klausa adverbia menerangkan verba, adjektiva, dan adverbia lainnya. 

Semua klausa dependen memiliki struktur dasar yang sama. Klausa dependen semua mulai dengan “isyarat” pengenal klausa (inisial) yang menandakan fakta bahwa klausa berikut adalah klausa dependen, tidak klausa independen yang bebas berdiri. Kata isyarat ini memiliki nama yang berbeda sesuai dengan jenis klausa dependen yang kata isyarat tersebut perkenalkan. 

Sebuah video diharapkan bisa memperkaya materi tulisan ini. Semoga!

 

Klausa Adverbia

Klausa adverbia harus mulai dengan subordinating conjunction. Sebagai tinjauan, berikut contoh klausa adverbia dalam tiga perannya yang klausa adverbia dapat mainkan: menerangkan verba, adjektiva, dan adverbia lainnya. Klausa adverbia dicetak miring dan subordinating conjunction dicetak tebal:

Menerangkan verba                 I ordered a whole pizza because I had skipped lunch.
                                                Give me a call if I can help you.
Menerangkan adjektiva           I am sorry that we missed you last night.
                                                The movie was even worse than I had feared.
Menerangkan adverbia lain     I answered more sharply than I had intended.
                                                We did better than we thought we would.

Klausa Adverbia Yang Menerangkan Verba. Klausa adverbia yang menerangkan verba sampai sejauh ini jenis klausa adverbia yang paling umum. Jenis klausa adverbia ini juga memiliki jumlah subordinating conjunction yang paling banyak. Ketika masing-masing subordinating conjunction memiliki makna klausanya sendiri, adalah mungkin mengelompokkannya dengan kategori yang luas. Berikut daftar dari subordinating conjunction yang lebih umum yang diklasifikasikan berdasarkan makna (perhatikan bahwa banyak subordinating conjunction digabung lebih dari satu kata).

Berikut beberapa contoh klausa adverbia yang mengilustrasikan kategori yang berbeda dari subordinating conjunction (klausa adverbia dicetak miring, subordinating conjunction dicetak tebal):

Waktu             I had finished my popcorn before the movie even started.
                        The theater gets really quiet when the movie starts.
Tempat            We found broken glass where the accident had occurred.
                        The lamp followed Mary everywhere she went.
Cara                 They talk about us as if we were not even here.
                        I parked the car as though nothing had happened.
Sebab              She needs the key because she has to lock up tonight.
                        We left the game early since it was getting pretty one-sided.
Kondisi           I wouldn’t do that if I were you.
                        Fred will go to the meeting unless you want to go yourself.
Kondisi           Fred went to the meeting, although he didn’t want to
                        We went to dinner, even though none of us were very hungry.  

Sebagian terbesar, kita tidak menggunakan koma sebelum klausa adverbia. Tiga konjungsi subordinasi kondisi—although, even though, dan though—perkecualian untuk aturan ini. Klausa adverbia yang mulai dengan kata ini selalu dipisahkan dengan koma. (Penggunaan koma mungkin merefleksikan fakta bahwa klausa yang mengikuti konjungsi subordinasi ini berlawanan dengan apa yang kita mungkin harapkan untuk mengikuti makna klausa independen.)

Klausa adverbia yang menerangkan verba berkelakuan sangat mirip adverbia kata tunggal. Seperti Anda ingat kembali, satu dari uji yang paling mudah bagi adverbia kata tunggal yang menerangkan verba adalah uji perpindahan adverbia, berikut sedikit dimodifikasi untuk diterapkan kepada klausa adverbia.

Uji Perpindahan Klausa Adverbia

Jika klausa dapat dipindah ke awal kalimat, kemudian klausa itu adalah adverbia yang menerangkan verba.
Berikut uji perpindahan klausa adverbia yang diterapkan kepada contoh klausa adverbia terdahulu. Perhatikan bahwa dengan perkecualian klausa adverbia yang menggunakan konjungsi subordinasi cara—as, as if, dan as though—uji perpindahan klausa adverbia sangat dapat dipercaya:

Waktu             Before the movie even started, I had finished my popcorn.
                        When the movie starts, the theater gets really quiet.
Tempat            Where the accident had occurred, we found broken glass.
                        Everywhere she went, the lamp followed Mary.
Cara     X         As if we were not even here, they talk about us.
            ?          As though nothing had happened, I parked the car.
Sebab              Because she has to lock up tonight, she needs the key.
                        Since it was getting pretty one-sided, we left the game early.
Kondisi           If I were you, I wouldn’t do that.
                        Unless you want to go yourself, Fred will go to the meeting.
Kondisi           Although he didn’t want to, Fred went to the meeting.
                        Even though none of us were very hungry, we went to dinner.

Juga perhatikan bahwa ketika klausa adverbia dipindah ke posisi awal dari kalimat tersebut, klausa adverbia selalu diikuti oleh koma. Penggunaan koma ini adalah keharusan. Sesuai dengan studi yang luas tentang tulisan akademik, meninggalkan koma setelah klausa adverbia pengenal adalah satu kesalahan tanda baca yang paling umum di antara mahasiswa.

Klausa Adverbia Yang Menerangkan Adjektiva. Klausa adverbia hanya dapat menerangkan  adjektiva predikat, tidak adjektiva yang digunakan untuk menerangkan nomina yang mengikuti. Seperti Anda mungkin ingat kembali, adjektiva predikat mengikuti verba linking (linking verbs). Contohnya, dalam kalimat Sally was sad, sad adalah adjektiva predikat mengikuti verba linking was. Adjektiva digunakan untuk menerangkan nomina yang mengikuti dan tidak dapat dengan sendirinya diterangkan oleh klausa adverbia. Dalam kalimat Sally sang a sad song, sad tidak merupakan adjektiva predikat. Sad menerangkan nomina yang mengikuti, song

Ada dua pola yang sedikit berbeda tergantung pada bentuk adjektiva predikat yang diterangkan. Jika adjektiva predikat tidak dalam bentuk komparatifnya (dalam bentuk dasarnya), kemudian conjunctive adverb-nya adalah that. Jika adjektiva predikat dalam bentuk komparatifnya, kemudian conjunctive adverb-nya than. Berikut beberapa contoh dari kedua pola (klausa adverbia dicetak miring, adjektiva predikat dicetak tebal):

            Base-form predicate adjective + (that) + independent clause
            Adjektiva predikat bentuk dasar + (that) + klausa independen
            We were glad (that) you could come.
            I am afraid (that) it might rain this afternoon.
            Harvard was certain (that) it could beat Oklahoma in football. 

Seperti kurung sekitar that tunjukkan, kita dapat menyingkirkan conjunctive adverb that dari klausa adverbia. Dalam sebagian besar keadaan, menyingkirkan kata isyarat dari klausa dependen apa saja agak tidak lazim. Menghilangkan that membuatnya sedikit lebih sulit untuk mengenali klausa adverbia karena kata isyarat konjungsi subordinasi yang normal hilang. Namun demikian, menyingkirkan that adalah hal yang gramatikal dan umum. 

Berikut contoh kalimat yang sama lagi, kali ini tanpa that. Perhatikan bagaimana normal kalimat itu nampak:

            We were glad you could come.
            I am afraid it might rain this afternoon.
            Harvard was certain it could beat Oklahoma in football.
             
            Comparative-form predicate adjective + than + independent clause
            Adjektiva predikat bentuk komparatif + than + klausa independen
            It is later than you think it is.
            The dinner was more formal than I had expected it to be.
            The movie was more frightening than the book was.

Adjektiva komparatif dibentuk dalam dua cara: dengan akhiran –er (soon, sooner; hard, harder) atau dengan more (beautiful, more beautiful; upset, more upset). Klausa adverbia menerangkan kedua bentuk adjektiva komparatif sama baiknya.

Klausa Adverbia Yang Menerangkan Adverbia Lainnya.  Klausa adverbia yang menerangkan adverbia lainnya mungkin mengikuti pola yang sama persis seperti klausa adverbia yang menerangkan adjektiva komparatif: adverbia yang diterangkan harus dalam bentuk koparatifnya, dan konjungsi subordinasinya adalah than dan tidak dapat dihapus. Berikut beberapa contoh:

            Comparative-form adverbs + than + independent clause
            Adverbia bentuk komparatif + than + klausa independen
            I answered more sharply than I had meant to.
            “Star Trek” ships went faster than any had gone before.
            The forest fire spread more rapidly than the crews had anticipated.

Berikut sebuah video sebagai pelengkap materi tulisan ini. Selamat menyimak.



Nah, sampailah di penghujung bahasan materi belajar Bahasa Inggris tentang klausa adverbia. Apakah para pembelajar Bahasa Inggris merasa lebih tercerahkan? Apakah para pembelajar Bahasa Inggris merasa artikel Bahasa Inggris ini bermanfaat dan berguna? Jika bermanfaat, tebarkanlah manfaat tersebut kepada teman-teman, sahabat, dan handai-taulan agar mereka ikut tercerahkan. Berbagilah kepada sesama karena pada hakikatnya bahwa hidup ini akan punya arti jika bermanfaat bagi orang lain dan kita selalu dibutuhkan oleh orang lain. Semoga. Amin. 

Belajar Bahasa Inggris online yang terpercaya dan teruji. Tetap semangat! Keep moving on!

Follow Me on:
YouTube: https://www.youtube.com/channel/UCM5qEVCvLHTAtuNfWt3tT1w/
Facebook: https://www.facebook.com/EnglishKito/
Instagram: https://www.instagram.com/baryzin
Twitter: https://twitter.com/baryzin
 

      edit

0 Comments:

Posting Komentar