Sabtu, 09 Mei 2015

Published 20.42 by with 0 comment

Belajar Bahasa Inggris Klausa Nomina



belajar bahasa inggris tentang klausa nomina, belajar bahasa inggris perihal klausa nomina, belajar bahasa inggris seputar klausa nomina, belajar bahasa inggris membahas klausa nomina, belajar bahasa inggris mengulas klausa nomina, belajar bahasa inggris mengupas klausa nomina, klausa nomina jadi bahasan belajar bahasa inggris
Sumber: www.Google.co.id/gambar/noun clauses

Belajar Bahasa Inggris Tentang Klausa Nomina



Kalimat, klausa, dan frasa merupakan tataran hirarki gramatika suatu bahasa dari yang paling tinggi sampai dengan yang paling rendah. Untuk mengingatkan pembelajar Bahasa Inggris bahwa klausa dapat berupa salah satu dari dua jenis struktur:

  1. Klausa independen (atau klausa utama), yang dapat berdiri sendiri, dan
  2. Klausa dependen (atau anak kalimat), klausa yang tidak dapat berdiri sendiri dan harus ditempelkan atau dimasukkan dalam klausa independen.

Ada tiga jenis klausa dependen yang berbeda: klausa adverbia, klausa adjektiva, dan klausa nomina. Pada kesempatan belajar Bahasa Inggris kali ini kita akan membahas materi belajar Bahasa Inggris yang berfokus pada klausa nomina. Dengan hadirnya pembahasan tentang klausa nomina, lengkaplah sudah pembahasan tiga serangkai klausa dependen. Klausa nomina adalah bagian terakhir dari tiga serangakai klausa dependen selain klausa adverbia dan klausa adjektiva. Ketiganya memiliki perbedaan dan persamaan masing-masing.

Klausa nomina adalah jenis klausa yang paling rumit dan canggih di antara klausa lainnya. Anak-anak belajar menggunakan klausa nomina secara sustansial lebih lambat daripada dua jenis klausa lainnya. Tulisan abstrak dan teknik berlimpah-limpah dengan klausa nomina. Klausa nomina memberi kita kemampuan untuk mengambil keseluruhan kalimat dan menyatukannya ke dalam satu unit yang kita dapat gunakan sebagai subyek atau obyek dalam klausa independen. Klausa nomina seperti pedang bermata pedang ganda. Kemampuan menggunakan klausa nomina adalah salah satu tanda tulisan yang canggih. Bagaimanapun, penggunaan klausa nomina yang berlebihan mengarah ke tulisan yang kelam, sangat membosankan (lihat saja textbook dalam pendidikan).

Klausa nomina adalah klausa dependen yang digunakan sebagai frasa nomina. Klausa nomina dapat memainkan peran frasa nomina dasar sebagai subyek, obyek verba, obyek preposisi, dan nominatif predikat, contoh (klausa nomina dicetak miring):

            Subyek:                       What he does for a living is a big mystery.
            Obyek verba:               I know that you are right.
            Obyek preposisi:         We were aware of what we needed to do.
            Nominatif predikat:      That is what we wanted.

Karena klausa nomina selalu memainkan peran frasa nomina, klausa nomina dapat ditengarai cara yang sama yang frasa nomina lakukan: dengan uji pronomina orang keiga. Klausa nomina memiliki ciri khas yang lain yang kita dapat mengambil keuntungannya: klausa nomina selalu dalam bentuk tunggal (singular). Ini berarti bahwa kita selalu dapat mengganti klausa nomina dengan pronomina orang ketiga tunggal. Lagi pula, karena klausa nomina selalu berjenis abstraksi, kita dapat menggantinya dengan pronomina it. Berikut uji pronomina orang ketiga yang dimodifikasi untuk klausa nomina:

Uji it untuk Klausa Nomina
Jika klausa dapat diganti dengan pronomina it, maka klausa itu adalah klausa nomina.
Beikut adalah uji it yang diterapkan kepada empat kalimat contoh sebelumnya:

Subyek:                       What he does for a living is a big mystery.
                                                It is a big mystery.
Obyek verba:               I know that you are right.
                                                I know it.
Obyek preposisi:         We were aware of what we needed to do.
                                                We were aware of it.
Nominatif predikat:    That is what we wanted.
                                    That is it.

Klausa nomina, seperti dua jenis lainnya, memiliki kata isyarat yang menandai awal klausa. Klausa nomina sedikit berbeda dari dua jenis klausa lainnya dalam hal ada dua set kata isyarat yang berbeda, yang menciptakan dua jenis klausa nomina yang sedikit berbeda. Dalam banyak buku grammar modern keduanya disebut tipe that dan tipe wh-. Kemudian, dua jenis klausa nomina yang berbeda itu disebut klausa nomina tipe that dan klausa nomina tipe wh-.

Dua kelompok klausa nomina yang berbeda bertindak cara yang sama, tetapi bagaimana dua tipe klausa tersebut dibangun adalah berbeda. Dalam klausa nomina tipe that, kata isyarat di luar klausa independen yang membatasi (seperti dalam klausa adverbia). Dalam klausa nomina tipe wh-, kata isyarat di dalam klausa independen yang membatasi (seperti klausa adjektiva). Untuk alasan ini, kita akan membicarakan dua grup ini terpisah.

Klausa Nomina Tipe That. Sejauh ini kata isyarat yang paling umum dalam grup ini adalah that. Tiga lainnya adalah if, whether, dan whether or not. Berikut contoh dari klausa nomina tipe that yang memainkan semua empat peran frasa nomina (klausa nomina dicetak miring, kata isyarat dicetak tebal):

            Subyek:                       Whether or not it rains will determine our destination.
            Obyek verba:               We wondered if we should go to the party.
            Obyek preposisi:         We couldn’t decide about whether we should leave.
            Nominatif predikat:    The plan is that we will reconvene after lunch.

Klausa nomina tipe that dibangun seperti klausa adverbia dalam hal kata isyarat diletakkan di depan klausa independen yang membatasi, dan kata isyarat ini tidak memainkan peran gramatika di dalam klausa independen yang membatasi.

            klausa nomina tipe that = kata isyarat tipe that + klausa independen yang membatasi   
      
Kata isyarat if memiliki masalah khusus. Klausa nomina yang berawal dengan if mudah rancu dengan klausa adverbia, yang juga mulai dengan if.

Berikut sepasang contoh dari dua jenis klausa yang berbeda, keduanya mulai dengan if (klausa dicetak miring, kata isyarat dicetak tebal):

            Klausa nomina:           I don’t know if I can come.
            Klausa adverbia:         I will meet you there if I can come.   

Seperti pembelajar Bahasa Inggris lihat, dua klausa if ini sangat mirip dalam kata. Apa yang tidak mirip adalah hubungannya kepada klausa independen. Untungnya, kita memilki uji yang dapat dipercaya (sahih) bagi kedua tipe klausa tersebut yang dengan jelas menunjukkan perbedaan antara penggunaan klausa if dalam dua kalimat itu.
Untuk klausa nomina, kita punya uji pronomina orang ketiga:

            Klausa nomina:                       I don’t know if I can come.
            Uji pronomina orang ketiga:   I don’t know if I can come.
                                                            I don’t know it.

Ketika kita menerapkan uji pronomina orang ketiga kepada klausa adverbia, hasilnya tidak gramatikal karena it menggantikan klausa adverbia, tidak klausa nomina:

            I will meet you there if I can come.
      X   I will meet you there it.

Sebaliknya, ketika kita menerapkan uji perpindahan klausa adverbia kepada kedua kalimat itu, klausa nomina gagal dan klausa adverbia lolos:

            Klausa nomina:                                   I don’t know if I can come.
            Uji perpindahan klausa adverbia:        If I can come, I don’t know.

Seperti kita akan harapkan, klausa adverbia pindah dengan sangat natural:

            Klausa adverbia                                  I will meet you there if I can come.
            Uji perpindahan klausa adverbia:        If I can come, I will meet you there.

Klausa Nomina Tipe Wh-. Klausa nomina tipe wh- memperoleh nama khususnya dari fakta bahwa hampir semua kata isyaratnya terjadi mulai dengan huruf wh. Kata-wh unik di antara kata isyarat dalam hal kata-wh untuk kelas kata yang berbeda. Berikut adalah kata-wh yang paling umum yang diklasifikasikan berdasarkan kelas katanya. Perhatikan  bahwa banyak kata-wh dapat diperbanyak dengan –ever:
            Nomina
            what                whatever
            who                 whoever
            whom              whomever
            Adjektiva
            whose
            which              whichever
            Adverbia
            when               whenever
            where              wherever
            why
            how                 however

Dua kata terakhir pada daftar, how dan however, tidak secara nyata mulai dengan wh. Kita akan memperlakukan keduanya sebagai anggota honorer dari keluarga wh. Berikut adalah seperangkat klausa nomina tipe wh- dalam empat peran nomina utama (klausa nomina dicetak miring, kata wh- dicetak tebal):

            Subyek:                       Whatever you decide is fine with us.
            Obyek verba:               I know where we can get a good pizza.
            Obyek preposisi:         We were aware of which choices were open to us.
            Nominatif predikat:    The situation is what we expected it would be.

Klausa nomina tipe wh- dibangun seperti klausa adjektiva dalam hal kata wh- (seperti pronomina relatif dalam klausa adjektiva) adalah di dalam klausa independen yang membatasi. Karenanya, kata wh- harus memainkan beberapa peran dalam klausa independen yang membatasi.
Marilah kita lihat lagi pada contoh kalimat di atas, kali ini berfokus pada peran gramatika dari kata isyarat:

            Whatever you decide is fine with us. (whatever adalah obyek dari verba decide.)
I know where we can get a good pizza. (where adalah kata keterangan tempat yang menerangkan verba get.)
We were aware of which choices were open to us. (which adalah adjektiva yang menerangkan nomina choices, subyek dari were open.)
The situation is what we expected it would be. (what adalah nominatif predikat pelengkap verba be.)

Perbedaan antara fungsi kata wh- di dalam klausa  nomina dan fungsi klausa nomina sebagai keseluruhan dalam hubungan dengan sisa klausa independen dapat sangat membingungkan. Contohnya, dalam kalimat berikut, mana yang benar, whoever atau whomever?

            We will sell it to whoever bids the highest.
            We will sell it to whomever bids the highest.

Sepintas, kita mungkin berpikir jawabannya adalah whomever karena whomever adalah obyek dari preposisi to. Salah! Jawaban yang benar adalah whoever. Obyek dari preposisi to bukan kata wh-, tetapi keseluruhan klausa nomina whoever bids the highest. Dalam klausa nomina, whoever adalah subyek dari verba bids.  Kita mungkin membayangkan kalimat itu cara ini:

            We will sell it to [klausa nomina].

Pikirkan klausa nomina seperti sebuah pulau. Hubungan gramatika internalnya tidak dipengaruhi oleh apapun yang terjadi di luar pulau itu.

Mungkin materi tulisan ini akan semakin lengkap jika dilengkapi dengan sebuah video. Semoga saja.



Nah, sampailah di penghujung bahasan materi belajar Bahasa Inggris tentang klausa nomina. Belajar Bahasa Inggris online yang terpercaya dan teruji. Cara belajar Bahasa Inggris yang simpel, mudah dimengerti dan dipraktikkan. Ulasan grammar Bahasa Inggris yang lengkap, mendalam, dan lugas. Tetap semangat! Keep moving on!

Follow Twitter Saya: @baryzin
Fans Page Saya: @EnglishKito
      edit

0 Comments:

Posting Komentar