Selasa, 15 September 2015

Published 20.48 by with 0 comment

Kesesuaian Subyek-Verba Sangat Penting dalam Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris tentang pentingnya kesesuaian subyek-verba, belajar bahasa inggris membahas pentingnya kesesuaian subyek-verba, belajar bahasa inggris perihal pentingnya kesesuaian subyek-verba, belajar bahasa inggris mengulas pentingnya kesesuaian subyek-verba, belajar bahasa inggris seputar pentingnya kesesuaian subyek-verba, belajar bahasa inggris mengupas pentingnya kesesuaian subyek-verba, pentingnya kesesuaian subyek-verba jadi bahasan belajar bahasa inggris
Sumber: www.Google.co.id/gambar/subject-verb agreement


Belajar Bahasa Inggris: 

Kesesuaian Subyek-Verba Sangat Penting



Pada kesempatan belajar Bahasa Inggris kali ini kita akan membahas tentang kesesuaian subyek-verba yang dalam Bahasa Inggris begitu pentingnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang penulis membuat ketiadaan kesesuaian antara subyek dan verba. Faktor-faktor tersebut antara lain kekuranghati-hatian dalam menyusun karangan atau melakukan revisi, salah memahami aturan umum, dan sebagainya. Mari kita simak dan ikuti pembahasan lengkapnya.

Kesesuaian subyek-verba istilah Bahasa Inggrisnya dikenal dengan Subject-Verb Agreement. Kesesuaian adalah hubungan gramatikal antara subyek dan verba atau pronomina dan antesedennya atau adjektiva demonstratif dan kata yang ia terangkan. Karena nomina dan verba Bahasa Inggris modern memiliki beberapa infleksi atau akhiran khusus, kesesuaian biasanya menyajikan beberapa masalah. Bagaimanapun, ada beberapa pola gramatikal, seperti kesesuaian dalam jumlah dari subyek dan verba, atau pronomina dan antesedennya, yang Anda harus perhatikan dengan hati-hati.

Setiap verba seharusnya sesuai dalam jumlah dengan subyeknya.

Kadang-kadang ketiadaan kesesuaian antara subyek dan verba akibat dari kekuranghati-hatian dalam menyusun karangan atau melakukan revisi. Tetapi lebih sering, para penulis menggunakan subyek tunggal dengan verba jamak atau subyek jamak dengan verba tunggal, bahkan karena mereka salah memahami aturan umum, karena mereka tidak yakin pada jumlah subyek atau karena kata-kata lain yang datang antara subyek dan verba mengaburkan subyek sejati.



kosa kata bahasa inggris, kursus bahasa inggris online, belajar grammar bahasa inggris, belajar bahasa inggris online gratis, les bahasa inggris
Sumber: www.Google.co.id/gambar/subject-verb agreement


Ingat-ingatlah aturan umum berikut agar yakin bahwa subyek dan verba berkesesuaian: 

1. Jangan bingung dengan kata atau frasa yang datang antara subyek dan verba. Temukan subyeknya dan buatlah verba berkesesuaian dengan subyek tersebut.
     
        The first two chapters of the book were exciting. [Verbanya berkesesuaian dengan subyek, chapters, tidak dengan nomina terdekat, book.]
        The size of the bears startles the spectators. 

        Subyek tunggal yang diikuti oleh ungkapan seperti with, together with, accompanied by, dan as well as mengambil verba tunggal. Frasa yang diperkenalkan dengan ungkapan semacam ini tidak menjadi bagian dari subyek, meskipun mereka (frasa) menyarankan makna jamak.
     
        FAULTY     The coach, as well as the players, were happy over the victory.
        REVISED    The coach, as well as the players, was happy over the victory.

2. Waspadalah kepada masalah kesesuaian dengan pronomina yang tidak tentu yang digunakan sebagai subyek. Kata ganti tak tentu yang berakhir dalam -one, -body, dan -thing, seperti anyone, everybody, dan something, selalu mengambil verba tunggal. Kata ganti tak tentu another, each, either, neither, dan one selalu mengambil verba tunggal.
         
        Everybody in the audience was enthusiastic.
        Another of the pesticides has proved harmful to birds.
       Each of the students needs individual help.
       Neither of the books was available in the library.

Kata ganti tak tentu all, any, most, more, none, dan some mungkin mengambil salah satu verba tunggal atau jamak tergantung pada nomina mereka merujuk.
         
        Some of the silver is missing. [Some merujuk ke nomina tunggal silver.]
        Some of the ancestors were farmers. [Some merujuk ke nomina jamak ancestors.]

        None of the work is finished. [None merujuk ke bentuk tunggal work.]
        None of the birds have migrated yet. [None merujuk ke bentuk jamak birds.]

3. Gunakan verba jamak dengan dua atau lebih subyek yang digabung dengan and.

        A dog and a cat are seldom friends.
        The Ohio River and the Missouri River empty into the Mississippi.

Tetapi sebaliknya, gunakan verba tunggal ketika dua bagian dari subyek majemuk merujuk ke orang atau sesuatu yang sama.

        My friend and benefactor was there to help me.

4. Ketika konjungsi or dan nor dan pasangan kata sambung either ... or, neither ... nor, dan not only ... but also digunakan untuk menggabungkan subyek, verba berkesesuaian dalam jumlah dengan bagian subyek yang terdekat verba tersebut.

        Either the dean or her assistant was to have handled the matter.
        Either you or he has to be there.
        Neither the farmer nor the chickens were aware of the swooping hawk.

Jika satu dari subyek yang digabung dengan or atau nor adalah bentuk tunggal dan satu bentuk jamak, seperti contoh terakhir di atas, tempatkan subyek jamak yang kedua untuk menghindari kejanggalan.

5. Ketika verba mendahului subyek kalimat, secara khusus berhati-hatilah untuk menemukan subyek dan buatlah verba berkesesuaian dengan subyek tersebut.
        Waspadalah ekspletif there untuk subyek dari verba. (Ekspletif adalah sebuah kata yang menandakan bahwa subyek akan mengikuti verba. Ketika tatanan kata normal (subyek-verba) dibalik (verba-subyek) baik dengan sekedar menempatkan subyek setelah verba maupun dengan memulai dengan there.)

        There are no trees in our yard. [There adalah ekspletif. Subyeknya adalah trees: No trees are in our yard.]
         On this question, there remains no doubt. [Subyeknya adalah doubt: No doubt remains on this question.]

Ketika subyek majemuk hadir setelah verba dalam suatu kalimat yang mulai dengan ekspletif there, verba tunggal kadang-kadang digunakan, khususnya jika item pertama dari majemuk tersebut adalah tunggal.

        There is [or are] only a chair and a table left to auction. [Subyeknya adalah majemuk a chair and a table.]

Kalimat semacam ini terbaik ditulis kembali:

        Only a chair and a table are left to auction.

Dalam beberapa kalimat yang mulai dengan adverbia here dan there atau dengan grup kata adverbia, verba datang sebelum subyek.

        There goes the man I was describing. [There adalah adverbia. Subyeknya adalah nomina man.]
        Up the trail race the motorcycles. [Subyeknya adalah motorcycles.]
        In the chinks between the bricks grows moss. [Subyeknya adalah moss.]
      After winning a big victory come the postgame letdown and fatigue. [Subyek majemuk letdown and fatigue, memerlukan verba jamak.]

Alat bantu untuk menentukan kesesuaian subyek-verba yang benar adalah menyusun kembali kalimat tersebut ke dalam tatanan normal, sehingga subyek hadir duluan: Moss grows in the chinks between the bricks. The postgame letdown and fatigue come after winning a big victory.

6. Gunakan verba tunggal dengan nomina kolektif ketika grup ini dipertimbangkan sebagai sebuah unit yang bertindak bersama. Gunakan verba jamak ketika anggota grup secara individual sedang bertindak secara terpisah.
        Nomina kolektif memiliki bentuk tunggal tetapi terdiri dari sekelompok orang atau sesuatu sebagai unit tunggal: audience, band, bunch, committee, crowd, family, herd, jury, dan sebagainya.

        Our family goes out to dinner weekly. [Family bertindak bersama sebagai unit tunggal.]
        The family have  been arriving all morning. [Anggota keluarga tiba pada waktu yang berbeda.]

        The committee is meeting today. [Verba tunggal is menekankan committee bertindak sebagai sebuah unit.]
        The committee are unable to agree on a plan. [Verba jamak are menekankan anggota committee bertindak secara terpisah.]

7. Ketika pronomina relatif who, which, dan that digunakan sebagai subyek, gunakan verba tunggal ketika antesedennya adalah tunggal, verba jamak ketika antesedennya adalah jamak.
     
       They are the employees who deserve praise. [Who merujuk ke nomina jamak employees; jadi verbanya jamak.] 
        The book that was lost belonged to the library. [That merujuk ke nomina tunggal book; jadi verbanya tunggal.]

Frasa one of the sering menyebabkan masalah dalam kalimat semacam ini.
   
        Sanderson is one of the council members who oppose the plan. [Who merujuk ke bentuk jamak members; several council members oppose the plan.]
        Sanderson is the only one of the council members who opposes the plan. [Who merujuk ke one; hanya ada satu anggota council, Sanderson, yang menentang rencana itu. Perhatikan bahwa makna kalimat itu tidak akan berubah jika frasa of the council members dihilangkan.]

8. Ketika subyek adalah judul dari novel, sandiwara, dan sebagainya, atau kata yang dugunakan sebagai kata, gunakan verba tunggal meskipun bentuk subyek tersebut adalah jamak.

        Romeo and Juliet is a Shakespearean play.
        Songs and Satires is a book by Edger Lee Masters.
        Women is the plural of woman. [a word used as a word]

9. Gunakan verba tunggal dengan nomina yang jamak dalam bentuk tetapi tunggal dalam makna, seperti economics, news, physics, dan sebagainya.  Kata yang berakhiran dengan "-ics" (mathematics, acoustics, athletics, economics, physics, dan sebagainya) mengambil verba tunggal ketika mereka merujuk ke ilmu pengetahuan, seni, atau badan ilmu pengetahuan; mereka mengambil verba jamak ketika mereka merujuk ke aktivitas fisik atau kualitas.
     
        Mathematics has always been my downfall.
        The financial news was favorable last month.

10. Subyek yang mengindikasikan jumlah uang, jarak, ukuran, dan sebagainya biasanya mengambil verba tunggal.
     
        Three-quaters of the money is already spent.
        Forty years is a long time to live in one town.
        Four miles is too much to jog.

Jika item-item yang membuat jumlah tersebut dipertimbangkan sebagai bagian terpisah ketimbang sebagai unit tunggal, verbanya boleh jamak.
     
        Forty percent of the trees were damaged by the hurricane. [Pohon-pohon itu rusak secara terpisah.]
        One-half of the students have finished the examination. [Para murid menyelesaikan secara individual.]

Ungkapan the number mengambil verba tunggal, tetapi a number mengambil verba jamak. The number merujuk ke jumlah total sedangkan a number merujuk ke unit individual.
     
        The number of candidates for the position was large.
        A number of the candidates were applying for the position.
        The number of people moving to the Southwest is increasing.
        A number of business firms have moved from New York.

Sebuah video diharapkan bisa membantu memperkaya materi tulisan ini. Semoga.



Sebagai penutup, coba perhatikan beberapa contoh berikut:

INCORRECT     The man, as well as his wife and children, were injured in the accident.
    CORRECT     The man, as well as his wife and children, was injured in the accident.  

INCORRECT     One of the students in the class are absent today.
    CORRECT     One of the students in the class is absent today.

INCORRECT     A crate of apples and oranges have been delivered to our doorstep.
    CORRECT     A crate of apples and oranges has been delivered to our doorstep.

INCORRECT     His grasp of many areas of radio and television technology make it easy for him to find a job.
    CORRECT      His grasp of many areas of radio and television technology makes it easy for him to find a job.

INCORRECT     Each man and each woman have to consider how to react to such an emergency.
    CORRECT     Each man and each woman has to consider how to react to such an emergency.

INCORRECT     Every one of the employees are angry about the new contract.
    CORRECT     Every one of the employees is angry about the new contract.

INCORRECT     The man and his assistant is pleased with the new office.
    CORRECT     The man and his assistant are pleased with the new office.

INCORRECT     My friend and teacher are my mother.
    CORRECT     My friend and teacher is my mother.

INCORRECT     Either the students or the teacher have made a mistake.
    CORRECT     Either the students or the teacher has made a mistake.

INCORRECT     The parent or the children inherits the estate.
    CORRECT     The parent or the children inherit the estate.

INCORRECT     Buried under the floorboards are the murdered man.
    CORRECT     Buried under the floorboards is the murdered man. [Tatanan dibalik.]
                           OR
                           The murdered man is buried under the floorboards. [Tatanan normal.]

INCORRECT     There is at least fifteen angry demonstrators outside.
    CORRECT     There are at least fifteen angry demonstrator outside.

INCORRECT     The best time to take a nap are the two hours after lunch.
    CORRECT     The best time to take a nap is the two hours after lunch.

INCORRECT     The jury agree on the verdict.
    CORRECT     The jury agrees on the verdict.

INCORRECT     The jury disagrees on the verdict.
    CORRECT     The jury disagree on the verdict.

INCORRECT     Ten miles are not far to go for a delicious meal.
    CORRECT     Ten miles is not far to go for a delicious meal.

INCORRECT     Thirty dollars are too much to pay for that purse.
    CORRECT     Thirty dollars is too much to pay for that purse.

INCORRECT     A number of students fails every test.
    CORRECT     A number of students fail every test.

INCORRECT     The number of students who pass are increasing.
    CORRECT     The number of students who pass is increasing.

INCORRECT     Economics, my major, are difficult.
    CORRECT     Economics, my major, is difficult.

INCORRECT    The acoustics of the building is good.
    CORRECT    The acoustics of the building are good.

INCORRECT     One of the men who is being considered for the job is from this university.
    CORRECT     One of the men who are being considered for the job is from this university.

Nah, selesailah sudah sesi belajar Bahasa Inggris dengan pokok bahasan Kesesuaian Subyek-Verba dalam Bahasa Inggris. Artikel Bahasa Inggris yang sudah dibahas di atas bisa Anda simpulkan sendiri.

Cara belajar Bahasa Inggris yang simpel, mudah dimengerti dan dipraktikkan. Ulasan grammar Bahasa Inggris yang lengkap, mendalam, dan lugas. Artikel Bahasa Inggris yang enak dibaca dan perlu. Tetap semangat! Keep moving on!

Follow Me on:
YouTube: https://www.youtube.com/channel/UCM5qEVCvLHTAtuNfWt3tT1w/
Facebook: https://www.facebook.com/EnglishKito/
Instagram: https://www.instagram.com/baryzin
Twitter: https://twitter.com/baryzin

      edit

0 Comments:

Posting Komentar