Kamis, 09 April 2015

Published 14.44 by with 0 comment

Penting Untuk Diperhatikan: Conjunctive Adverb Bukan Conjunction

belajar bahasa inggris tentang conjunctive adverb bukan conjunction, belajar bahasa inggris perihal conjunctive adverb bukan conjunction, belajar bahasa inggris seputar conjunctive adverb bukan conjunction, belajar bahasa inggris membahas conjunctive adverb bukan conjunction, belajar bahasa inggris mengulas conjunctive adverb bukan conjunction, belajar bahasa inggris mengupas conjunctive adverb bukan conjunction, conjunctive adverb bukan conjunction jadi bahasan belajar bahasa inggris
Sumber: www.Google.co.id/gambar/conjunction


Belajar Bahasa Inggris: Conjunctive Adverb Bukan Conjunction



Apakah pembelajar Bahasa Inggris tahu kalau conjunctive adverb itu bukan termasuk konjungsi? Dilihat namanya saja, mestinya conjunctive adverb termasuk konjungsi, ternyata bukan konjungsi, melainkan termasuk adverbia. Belajar Bahasa Inggris kita mulai dari sini. 

Conjunctive adverb adalah kata yang dugunakan untuk menunjukkan bagaimana gagasan di bagian kedua dari dua kalimat yang terhubung erat terkait dengan makna gagasan pada kalimat pertama. Conjunctive adverb dapat dipilah ke dalam tiga kelompok tergantung pada bagaimana kalimat kedua dikaitkan dengan kalimat pertama:
  1. Gagasan pada kalimat kedua memperluas gagasan pada kalimat pertama (disebut kelompok "In Addition" dari conjunctive adverb).
  2. Gagasan pada kalimat kedua menguraikan akibat atau konsekuensi dari kalimat pertama (disebut kelompok "As a Consequence" dari conjunctive adverb).
  3. Gagasan pada kalimat kedua sedikit bertentangan dengan apa yang Anda mungkin harapkan dari kalimat pertama atau informasi yang bertentangan mengikuti kalimat pertama (disebut kelompok "On the Other Hand" dari conjunctive adverb).
Berikut contoh dari conjunctive adverb yang umum yang disusun berdasarkan makna dan pengelompokan seperti di atas.
       
          In Addition                      As a Consequence                    On the Other Hand        
          again                               accordingly                                however
          also                                 consequently                              nevertheless
          besides                            hence                                        nonetheless
          further                              then                                          otherwise
          furthermore                     therefore                                    still
          moreover                        thus
          similarly                          as a result

Berikut beberapa contoh klausa independen yang digabung dengan satu contoh dari masing-masing jenis conjunctive adverb (dicetak tebal):

In addition            : John was in an accident; furthermore, it was his third car crash this year.
As a consequence: John was in an accident; consequently, he will miss work for several days.
On the other hand: John was in an accident. However, he was not injured.

Yang perlu diingat dalam contoh di atas adalah tanda baca. Bagian pertama dari masing-masing dua klausa independen dalam contoh di atas diberi tanda baca dengan semikolon {;} ataupun titik. Adalah tidak benar menggunakan koma untuk menggabungkan dua klausa independen tanpa coordinating conjunction (FAN BOYS). Kehadiran conjunctive adverb tidak mengubah apa-apa. Conjunctive adverb bukan konjungsi. Conjunctive adverb adalah adverbia, adverbia dengan sendirinya tak memiliki kekuatan untuk mengabungkan klausa independen dengan koma. Bahkan menggunakan koma (dengan atau tanpa conjunctive adverb) untuk menggabung klausa independen adalah kesalahan pemberian tanda baca yang umum disebut comma splice. Jadi comma splice bisa dikatakan sebagai penyambung klausa independen hanya dengan koma dan hal ini tidak dibenarkan.

Conjunctive adverb mudah membingungkan dengan subordinating conjunction--kata isyarat digunakan untuk menandai awal dari klausa adverbia. Berikut dua kalimat yang menggambarkan masalah tersebut (kata isyarat dicetak tebal):

          Conjunctive adverb: John was in an accident; consequently, he took driver's education.
          Subordinating conjunction: John was in an accident after he took driver's education.

Bagaimana kita mengenali kata isyarat untuk conjunctive adverb dan subordinating conjunction tanpa mengingat daftar kata isyarat yang panjang? Uji perpindahan klausa adverbia mudah dan cara yang sepenuhnya sahih untuk mengamatinya. Ketika menerapkan uji tersebut kepada dua kalimat, kita mendapatkan hasil yang sepenuhnya berbeda:

Uji perpindahan klausa adverbia:

           Conjunctive adverb: John was in an accident; consequently, he took driver's education.
                                                  X Consequently, he took driver's education, John was in an accident.

           Subordinating conjunction: John was in an accident after he took driver's education.
                                                            After he took driver's education, John was in an accident.

Sebagaimana pembelajar Bahasa Inggris lihat, klausa independen yang mulai dengan conjunctive adverb consequently tak dapat dipindah di depan klausa independen pertama karena ia bukan klausa adverbia. Sebaliknya, klausa adverbia yang mulai dengan after berpindah dengan begitu mudahnya.

Conjunctive adverb memiliki sifat lain yang membantu membedakannya dari subordinating conjunction. Conjunctive adverb adalah adverb, dan, seperti sering menjadi sifat adverb, adverb dapat dipindah sekitar dalam klausanya. Conjunctive adverb muncul  di awal, di tengah, atau pada akhir dari sebuah klausa independen. Berikut beberapa kalimat contoh baru yang mengandung conjunctive adverb (dicetak tebal) dengan conjunctive adverb berpindah-pindah:

          The accident ruined the experiment; moreover, some equipment was damaged.
          The accident ruined the experiment; some equipment, moreover, was damaged.
          The accident ruined the experiment; some equipment was damaged, moreover.

          The accident ruined the experiment; therefore, I had to start all over again.
          The accident ruined the experiment; I had, therefore, to start all over again.
          The accident ruined the experiment; I had to start all over again, therefore.

          The accident ruined the experiment; nevertheless, I could still see that it would work.
          The accident ruined the experiment; I could still see, nevertheless, that it would work.
          The accident ruined the experiment; I could still see that it would work, nevertheless.

Tanda baca pada dasarnya sama tak peduli di mana conjunctive adverb berada. Dua kalimat masih harus dipisah dengan salah satu titik atau semikolon {;}, dan conjunctive adverb harus dipisah dari sisa kalimatnya dengan koma.

Ketika kita mencoba memindahkan subordinating conjunction sekitar dalam klausanya,hasilnya secara lengkap tidak gramatikal:

          John was in an accident after he took driver's education. 
     X  John was in an accident he took after driver's education.
     X  John was in an accident he took driver's education after.

Tidak seperti correlative conjunction, conjunctive adverb tidak pernah menghubungkan kata, frasa, atau klausa dependen, conjunctive adverb menghubungkan hanya keseluruhan kalimat. Ingat untuk meletakkan semikolon {;} sebelum dan koma sesudah conjunctive adverb jika klausa independen mengikutinya.
Diharapkan setelah menyimak ulasan di atas, para pembelajar Bahasa Inggris memahami kalau conjunctive adverb itu bukan termasuk konjungsi tetapi adverbia. Dan adverbia sesuai dengan fitrahnya bisa dipindah di awal, di tengah, dan di akhir sekitar dalam satu klausa independen.

Belajar Bahasa Inggris online yang terpercaya dan teruji. Ulasan grammar Bahasa Inggris yang lengkap, mendalam, dan lugas. Artikel Bahasa Inggris yang enak dibaca dan perlu. Tetap semangat! Keep moving on!

Follow Twitter Saya: @baryzin

 

      edit

0 Comments:

Posting Komentar